Puting Beliung Buduran Sidoarjo: 2 Luka, 3 Rumah Rusak Parah

Tetap waspada cuaca ekstrem!

Sidoarjo, IDN Times - Angin puting beliung menerjang kawasan Buduran Sidoarjo, Minggu (23/10/2022). Sejumlah rumah dilaporkan rusak akibat bencana ini. Tak hanya itu saja, juga terdapat korban luka berupa bocor pada kepala.

1. Angin menerjang pukul 14.00 WIB

Puting Beliung Buduran Sidoarjo: 2 Luka, 3 Rumah Rusak ParahIlustrasi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketua RT 13 Dusun Entalsewu, Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Gatot Indarto Kasiyanto mengatakan, angin puting beliung ini menerjang pukul 14.00 WIB. "Saya lihat dari rumah itu angin kencang gak seperti biasanya," ujarnya.

"Sekitar setengah tiga (14.30 WIB) dapat laporan warga kalau rumah di lantai 2 lepas, kena ke tetangga sebelah," dia menambahkan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Pesilat SMA Sidoarjo

2. Bikin 3 rumah rusak parah, 2 warga luka pada kepala

Puting Beliung Buduran Sidoarjo: 2 Luka, 3 Rumah Rusak ParahDampak angin puting beliung di RT 13 Desa Entalsewu, Buduran, Sidoarjo. Dok. Istimewa.

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Gatot. Dia mendata ada tiga rumah yang rusak parah. Kemudian ada beberapa rumah rusak ringan. "Kalau ringan itu sebagian atapnya lepas. Gentingnya lepas begitu," ungkap Gatot.

Selain rumah warganya yang rusak, Gatot juga mendata warganya yang menjadi korban dalam bencana angin puting beliung ini. Dia menyebut ada dua orang yang mengalami luka pada bagian kepalanya.

"Ada dua korban luka, sudah dibawa ke UGD Delta Surya. Satu luka bocor kepala, memar punggung dan kaki. Satu orang lagi bocor," dia menambahkan.

3. RT koordinasi dengan pemdes

Puting Beliung Buduran Sidoarjo: 2 Luka, 3 Rumah Rusak ParahDampak angin puting beliung di RT 13 Desa Entalsewu, Buduran, Sidoarjo. Dok. Istimewa.

Terkait respons pemerintah setempat, sambung Gatot, sudah ada petugas BPBD yang datang melakukan pendataan di lokasi. "Saya koordinasi terus dengan mereka. Untuk PLN saya sudah menghubungi, karena kan khawatir kena jaringan listrik. Sampai sekarang belum," katanya.

"(Soal ganti rugi) nanti ketemu pihak desa dulu sama pemilik rumah. Ini kan bencana bukan kesengajaan, kita diskusikan bersama. Kita minta bantuan pihak desa," pungkas Gatot.

Baca Juga: Buntut Kerusuhan di Stadion Sidoarjo, Persebaya Disanksi PSSI 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya