Pria Lumajang yang Hanyut Ditemukan Meninggal Dunia

Pencarian korban berlangsung dua hari

Lumajang, IDN Times - Warga Kecamatan Yosowilangun, Lumajang, Sutrisno (67) yang dilaporkan hanyut di Sungai Bondoyudo akhirnya ditemukan, Selasa (29/8/2023). Korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa alias meninggal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, Sutrisno dilaporkan terpeleset kemudian hanyut di sungai saat membuat air tahu pada Senin (28/8/2023). Tim SAR langsung dikerahkan untuk mencari korban.

Upaya pencarian dilakukan dengan membagi tim SAR gabungan menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU). SRU pertama dan SRU kedua melakukan pencarian dengan menyisir sisi kanan dan kiri Sungai Bondoyudho dengan menggunakan perahu LCR Basarnas dan perahu Politelyn BPBD Lumajang. 

SRU 3 melakukan pemantauan darat dari jembatan Keting. Pemantauan darat ini dilakukan tidak hanya sebagai upaya pencarian korban melainkan juga menyebarkan berita hilangnya korban dengan harapan masyarakat dapat melapor pada tim SAR gabungan apabila melihat keberadaan korban.

Hari pertama pencarian berakhir nihil. Kemudian dilanjut hari kedua pada Selasa (29/8/2023). Sekitar pukul 14.30 WIB, pencarian hari kedua tim SAR gabungan membuahkan hasil. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak 1 km dari lokasi kejadian. 

"Korban dievakuasi kemudian dibawa menuju RSUD Haryoto Lumajang” kata Hariyadi. 

Dengan ditemukannya korban, operasi SAR terhadap Sutrisno dihentikan. Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos Basarnas Jember, BPBD Lumajang, Polsek dan Koramil Yosowilangun, Bankom 737 Yosowilangun, Puskesmas Yosowilangun, Banser Yosowilangun, Tagana Dinsos Lumajang, FAJI Lumajang, Destana Yosowilangun, Perangkat Desa Yosowilangun Kidul, Biting Rescue, Siluman Rescue, serta masyarakat.

Baca Juga: Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Lemongan Lumajang Dievakuasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya