Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Lemongan Lumajang Dievakuasi

Temannya memberikan jaketnya untuk menghangatkan tubuh

Lumajang, IDN Times - Seorang pendaki Gunung Lemongan, Lumajang, Jawa Timur, terpaksa dijemput oleh tim penyelamat. Shohibul Fathoni (21), seorang pendaki asal Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Probolinggo ini harus dievakuasi setelah mengalami kondisi darurat, yakni hipotermia atau kedinginan ekstrem.

1. Tiba-tiba tubuhnya kaku dan menggigil

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Lemongan Lumajang Dievakuasishutterstock.com/dean drobot

Menurut keterangan BPBD setempat, Shohibul Fathoni mendaki Gunung Lemongan bersama tujuh rekannya yang berasal dari Jember dan Banyuwangi. Rombongan tersebut mendaki pada hari Senin (31/7/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. Di tengah pendakian, tubuh Shohibul Fathoni tiba-tiba kaku. Dia menggigil kedinginan di seluruh tubuhnya dan akhirnya memutuskan untuk berhenti.

"Berangkat pada tanggal 31 Juli, selanjutnya pada tanggal 1 besoknya rombongan sampai di puncak. Sementara untuk pendaki yang dievakuasi ini tidak melanjutkan," kata Patria Dwi Hastiadi, Kelapa BPBD Lumajang.

Baca Juga: Terserang Hipotermia Seorang Pendaki Tewas di Gunung Lawu

2. Dia menelpon keluarga

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Lemongan Lumajang Dievakuasiunsplash.com

Sempat kesulitan mencari sinyal, Shohibul Fathoni akhirnya bisa menghubungi pihak keluarganya. Setelah menjelaskan kondisinya, Ia meminta bantuan agar dijemput. Lalu, pihak keluarga meminta pertolongan kepada Tim Tagana Probolinggo yang kemudian diteruskan kepada petugas di Lumajang.

"Setelah itu laporan diteruskan kepada BPBD Lumajang dan tim evakuasi pun segera diturunkan untuk menjemput," katanya.

3. Tubuhnya lemas, evakuasi butuh 12 jam

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Lemongan Lumajang Dievakuasibromoeastjava.com

Tim evakuasi pun sempat mengalami kendala saat proses penjemputan. Medan yang terjal dan kondisi fisik Shohibul Fathoni yang sudah lemas membuat perjalanan tersendat. Hingga Shohibul Fathoni berhasil dibawa ke Pukesmas, proses evakuasi memakan waktu hingga 12 jam lamanya.

"Karena kondisinya memang sudah lemas akibat kedinginan. Hingga akhirnya bisa dibawa ke Pukesmas untuk mendapatkan perawatan," cetus Patria.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Mencegah Hipotermia saat Mendaki Gunung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya