Comscore Tracker

Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU Besok

Tidak menutup kemungkinan ada pemeriksaan publik figur

Surabaya, IDN Times - Penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) memastikan berkas perkara kasus investasi bodong, MeMiles sudah lengkap. Selanjutnya, kasus ini akan memasuki tahap satu dan diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU), Selasa (11/2).

"Kasus MeMiles sudah kurun waktu sejak Desember hingga saat ini, dua bulan kurang lebih, penyidik sudah menyatakan lengkap buat berkas perkara," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (10/2).

 

1. Dalam laporan berkas perkara ada 5 tersangka, uang Rp147,8 miliar, 27 mobil dan 3 sepeda motor

Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU BesokKabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat meninjau barang sitaan investasi bodong MeMiles di Mapolda, Senin (6/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selama penyidikan di Polda Jatim, polisi telah menetapkan tersangka, memeriksa saksi, merekap data korban dan mengumpulkan barang bukti kasus MeMiles. Diantaranya ada lima tersangka, 56 saksi dan 700 korban.

"Alat bukti lainnya seperti uang tunai terakhir Rp147,8 miliar, 28 mobil dan 3 sepeda motor, ini menjadi bagian dari kelengkapan berkas," kata Trunoyudo.

2. Berkas perkara akan diperiksa ulang JPU

Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU BesokBarang bukti investasi bodong berupa uang senilai Rp70 miliar. IDN Times/Fitria Madia

Meski sudah menyatakan lengkap, lanjut Trunoyudo, polisi masih menunggu kepastian proses hukum dari JPU. Sebab, berkas perkara penyidikan masih akan diperiksa ulang oleh JPU.

"JPU ini nanti akan melakukan proses penelitian berkas perkara, apakah dikatakan lengkap, apakah ada petunjuk, Tentu ada petunjuk dari kejaksaan kepada penyidik," jelasnya.

3. Jika lengkap, polda serahkan tersangka dan alat bukti ke kejaksaan

Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU BesokKabid Humas Polda Jatim, Trunoyudo Wisnu Andiko dalam Konferensi Pers di Polrestabes Surabaya (17/1).

Apabila berkas perkara dipastikan lengkap oleh JPU, Polda Jatim segera melakukan tahap dua. Dalam tahap dua nantinya seluruh alat bukti dan tersangka diserahkan ke kejaksaaan.

"Kemudian JPU akan melakukan proses penuntutan," kata Trunoyudo.

4. Tidak menutup kemungkinan ada pemeriksaan publik figur

Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU BesokRegina Idol usai diperiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim kasus investasi bodong MeMiles, Senin (27/1). Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara untuk pemeriksaan lanjutan saksi dari publik figur, penyidik akan memanggil apabila JPU menilai laporan dalam berkas perkara masih kurang. "Tentu nanti bisa saja dari penelitian kejaksaan diperlukan untuk ditambahkan, kami terus kami lakukan (periksa artis)," tandas Trunoyudo.

Seperti diketahui, beberapa publik figur yang telah diperiksa yakni penyanyi Eka Deli, Marcello Tahitoe atau Ello, Tata Janneta, Regina Idol, Siti Badriah dan Adjie Notonegoro. Serta cucu Presiden Soeharto, Ari Sigit dan istrinya.

Baca Juga: Kasus MeMiles, Siti Badriah Mengaku Pernah Diminta Jadi Promotor

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya