PKB Incar 40 Kursi di DPRD Jatim, Pasang Artis, Gus hingga Kiai

Wih gak bahaya ta?

Surabaya, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim) membidik kemenangan pada Pemilu 2024. Target tinggi pun mulai dipatok. Partai yang dinakhodai Muhaimin Iskandar itu pengin punya 40 legislator di DPRD Jatim.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar menyatakan PKB siap merebut kembali kursi terbanyak di DPRD Jatim. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) ini bertekad mendapatkan 33,3 persen kursi di DPRD Jatim atau setara 40 kursi.

"Target kami rasional, 40 kursi untuk DPRD Jatim. Kami siap kembali memenangkan pemilihan legislatif di Jawa Timur. Karena 2019 kita menang suara, tapi kursi kita kedua di DPRD Jatim," ujar Halim.

Tak sekadar fokus pada kursi saja, Halim menyatakan kalau dari 120 nama Bakal Calon Legislatif (Bacalog) yang disetor ke KPU Jatim, sudah memenuhi syarat keterwakilan perempuan. Halim menyatakan kalau keterwakilan perempuan sebesar 40 persen.

"PKB berkomitmen tinggi untuk keterwakilan perempuan. Saat ini di DPRD Jatim, dari 25 anggota dewan, 11 di antaranya perempuan," tegas dia

Sementara itu,  Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi menyatakan dari 25 anggota DPRD Jatim Fraksi PKB saat ini, 21 di antaranya kembali maju Caleg DPRD Jatim. Kemudian ada sejumlah nama baru yang disiapkan PKB.

Nama baru itu di antaranya penyanyi dangdut Ayu Arsita di Dapil Jatim XIII, Istri Wabup Sidoarjo Sriatun di Dapil Jatim II, Mantan Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jafar di Dapil Jatim XIV.

Di kalangan ponpes, ada putra Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Iskandar yakni Gus Farid yang maju di Dapil Jatim VIII. Dapil Jatim VI ada Ning Maziyah dari Ponpes PETA Tulungagung. Di Dapil Jatim I ada nama bacaleg baru yakni Musyaffa' Rouf, Mahfudz, dan Camelia Habibah.

"Kita tidak ingin jumawa. Mempersiapkan diri semaksimal mungkin demi mencapai target yang diperintahkan oleh kiai-kiai sepuh di Jawa Timur. Itu jauh lebih penting. Yakin dan berikhtiar sekuat tenaga, InsyaAllah kita optimis Jatim akan kembali menghijau," pungkas Fauzan.

Baca Juga: PKB Surabaya Susul Gerindra Daftarkan Bacaleg ke KPU di Hari yang Sama

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya