Perlintasan Sebidang Banyak Renggut Nyawa, KAI Dorong Bikin Flyover

Banyak yang gak dijaga

Surabaya, IDN Times - Kecelakaan di perlintasan sebidang rel kereta api masih marak terjadi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendorong untuk kolaborasi dengan pemerintah daerah. Seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Bukan tanpa alasan, data PT KAI mencatat, sebanyak 3.693 perlintasan sebidang jalur kereta api tak sampai separuhnya dijaga. Rinciannya, 1.598 perlintasan dijaga dan 2.095 perlintasan tidak dijaga.

Perlintasan sebidang tersebar di berbagai jenis jalan seperti jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten/kota dan jalan desa, serta jalan khusus yang digunakan oleh badan hukum atau lembaga. Perlintasan sebidang di sebagian tempat melewati pemukiman warga dan daerah industri, sehingga rawan terjadi kecelakaan temperan.

Dalam kurun 3 tahun terakhir, terjadi banyak kecelakaan di perlintasan sebidang jalur kereta api yang merenggut korban. Yaitu sebanyak 690 kejadian kecelakaan di perlintasan sebidang, dengan korban meninggal dunia sejumlah 202 orang, luka berat sejumlah 132 orang dan luka ringan sejumlah 184 orang.

Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna menekankan, perlunya peran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sampai level kepala desa untuk meminimalisasi potensi terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang jalur kereta api.

KAI mendorong pembangunan perlintasan sebidang yang aman dan sesuai aturan. Atau menutupnya jika berpotensi membahayakan masyarakat pengguna jalan. KAI juga mendorong pembangunan jembatan layang atau flyover dan underpass.

“Diharapkan melalui diselenggarakannya seminar nasional dengan konsep diskusi dan sharing experience ini, dapat memberikan kesamaan persepsi seputar aturan tentang keselamatan di perlintasan kepada seluruh stakeholder," ujarnya saat Seminar Nasional di Surabaya.

"Selanjutnya melalui satu kesepahaman tersebut dapat memotivasi untuk bersama-sama mengembangkan budaya keamanan dan keselamatan, sehingga dapat mempertahankan kinerja keamanan dan keselamatan khususnya bidang perkeretaapian,” pungkas Sandry.

Baca Juga: Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya