Pengawasan 39 Lapas/Rutan Jatim Ditingkatkan Jelang Nataru

Kemenkumham bikin timsus

Surabaya, IDN Times - Keamanan di 39 rutan dan lapas di Jawa Timur (Jatim) diperketat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengawasannya pun lebih dioptimalkan lagi. Instruksi ini disampaikan Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Agung Krisna.

"Eskalasi keamanan di lapas dan rutan jelang Natal dan Tahun Baru pasti meningkat," ujarnya tertulis, Minggu (11/12/2022).

1. Bentuk tim khusus untuk pengawasan

Pengawasan 39 Lapas/Rutan Jatim Ditingkatkan Jelang NataruPetugas Kanwil Kemenkumham Jatim apel pengamanan lapas jelang Nataru, Minggu (11/12/2022). Dok. Kemenkumham Jatim.

Menurut Agung, eskalasi keamanan yang meningkat harus diimbangi dengan  pengawasan yang lebih optimal. Salah satu strategi yang diterapkan adalah membentuk tim pengawas khusus.

"Kami akan membentuk tim khusus yang nantinya akan melakukan monitoring setiap saat ke lapas dan rutan," kata dia.

Baca Juga: Wajah Baru Rutan Medaeng, Renovasi Hampir Rampung

2. Imbau beri remisi Natal secara gratis

Pengawasan 39 Lapas/Rutan Jatim Ditingkatkan Jelang NataruPlt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Agung Krisna. Dok. Kemenkumham Jatim.

Agung juga memberikan atensi kepada pelayanan publik di lapas dan rutan. Dia meminta jajarannya memberikan pelayanan remisi natal dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

"Kami pastikan seluruh proses pelayanan pemberian remisi natal gratis dan tanpa diskriminasi," tegasnya.

3. Pelayanan publik khususnya wisatawan dioptimalkan

Pengawasan 39 Lapas/Rutan Jatim Ditingkatkan Jelang NataruPenumpang di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

Tidak itu saja, dari keimigrasian, Agung menyoroti pelayanan kepada wisatawan. Terutama yang menjaga pintu gerbang negara melalui perlintasan imigrasi.

"Kami akan memastikan pelayanan publik, khususnya pemeriksaan maupun penerbitan paspor untuk wisatawan domestik dan internasional berjalan dengan baik," pesannya.

Jawa Timur menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian pusat. Pasalnya, ada bandara internasional dan destinasi wisata yang jadi jujukan wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Di Rutan Medaeng, MSAT Tak Dapat Perlakuan Spesial

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya