PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020

Ada pilkada di 270 daerah tahun depan

Surabaya, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan kembali digelar pada 2020. Sebanyak 270 daerah yang akan mengikuti pesta demokrasi tersebut. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun menargetkan kemenangan pada 2020 mendatang.

1. Targetnya mencapai 60 persen

PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya sudah mempunyai target yang tinggi di Pilkada serentak 2020. Tak main-main, targetnya mencapai 60 persen.

"DPP menargetkan dan memperjuangkan kemenangan 60 persen. Di seluruh Indonesia bisa menang," ujarnya usai Konferda DPD PDIP Jatim di Hotel Wyndham Surabaya, Rabu (24/7).

2. Saat ini menyambut Kongres PDIP untuk pemenangan 2020

PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020IDN Times/Istimewa

 

Djarot menambahkan, saat ini partai berlambang banteng ini sedang mempercepat langkah konsolidasi yakni konferensi cabang (konfercab), konferensi daerah (konferda), menjelang pelaksanaan kongres PDIP di Bali, awal Agustus mendatang. Tujuannya untuk pemenangan Pilkada 2020.

"Konsolidasi ini sebagai momentum untuk persiapan pemenangan pilkada 2020. Maka DPD nanti yang terpilih akan bertanggung jawab membangun struktur sampai tingkat ranting desa kelurahan, sampai tingkat anak ranting. Dengan begitu kader partai siap memasuki pesta demokrasi 2020. Jatim ada 19 pilkada," ungkapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebut seluruh DPC telah menyelesaikan seluruh tahapannya. Meski ada dua wilayah yang mengalami gejolak, yakni Kota Surabaya dan Kabupaten Bojonegoro, Jatim. Menurutnya hal itu adalah hal yang biasa dan segera dapat ditangani.

Sedangkan, untuk tingkat Konferda, PDIP telah menyelesaikan hal itu di 27 provinsi seluruh Indonesia. Sekarang menyisakan enam provinsi, yakni Jatim, Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan Barat dan DKI Jakarta.

3. Empat daerah di Jatim ditarget menang Pilkada 2020

PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020IDN Times/Istimewa

 

Di Jatim, ada 19 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada pada 2020 mendatang. Dari sejumlah daerah tersebut, Dia menyampaikan ada beberapa daerah yang menjadi prioritas PDIP. Di antaranya yaitu Surabaya, Banyuwangi, Ngawi serta Kediri.

"Prioritas pada daerah yang sudah dua periode PDIP yakni, Surabaya, Blitar, Banyuwangi, Ngawi, Kediri. Kedua fokus pada daerah yang dari dulu menjadi basis kita. Di mana dulu kita menang lalu kalah, kita harus merebut kembali," kata Djarot.

Baca Juga: Megawati Undang Prabowo ke Kongres PDIP

4. Untuk mempermudah penyelarasan program

PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020IDN Times/Fadli Syaputra

 

Alasannya, lanjut Mantan Wali Kota Blitar ini, lantaran PDIP ingin mempermudah penyelarasan program pemerintah pusat di tingkat pemerintah daerah. Karena Presiden terpilih pun berasal dari partainya.

"Untuk menyinkronkan kebijakan di daerah dengan pemerintah pusat, dalam rangka mendukung dan mengawal program Jokowi-Ma’ruf," pungkas Djarot.

Baca Juga: Dapat "Surat Cinta" dari Megawati, Kusnadi Kembali Pimpin PDIP Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya