Pasien Omicron Pertama di Jatim Terdeteksi Tadi Malam

Kepala ITD ketahui hasil WGS tadi malam

Surabaya, IDN Times - Kepala Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD Unair), Prof Maria Inge Lusida memastikan bahwa ditemukan satu sampel pasien terinfeksi COVID-19 varian Omicron di Jawa Timur (Jatim). Kepastian ini didapat dari hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang keluar pada Sabtu (1/2/2022) malam.

1. Sampel diterima pada 28 Desember 2021

Pasien Omicron Pertama di Jatim Terdeteksi Tadi Malamilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Prof Inge--panggilan karibnya-- menyampaikan bahwa ada sampel dengan CT Value rendah yang dikirim ke ITD Unair pada Selasa (28/12/2021) lalu. Sampel tersebut pun dilakukan screening sesegera mungkin oleh petugas ITD Unair.

"Tanggal 28 (Desember 2021), kami screening, curiga. Tadi malam (Sabtu) kepastiannya (terinfeksi Omicron)," ujarnya saat ditelepon, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga: COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatim

2. CT Value pasien rendah

Pasien Omicron Pertama di Jatim Terdeteksi Tadi MalamJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Terkait CT Value sampel tersebut, Prof Inge belum membeberkan lebih rinci. Yang jelas, CT Value yang diterima di bawah standar infeksi virus corona SARS CoV-2. "Tapi tidak rendah-rendah sekali," ucap dia. Biasanya, standar CT Value pasien terinfeksi COVID-19 ialah 25. Jika di bawah itu, maka dicurigai ada varian baru.

3. Ada peningkatan kasus aktif di Jatim

Pasien Omicron Pertama di Jatim Terdeteksi Tadi MalamIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara itu, data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim menunjukkan, untuk penambahan kasus baru terpantau ada 15 pasien pada Sabtu (1/1/2022). Menjadikan total kasus aktif sebanyak 98 pasien. Sedangkan total kasus selama pandemik 400.081 orang, sebanyak 370.237 sembuh dan 29.746 meninggal dunia.

Baca Juga: Tambah 68, Pasien COVID-19 Omicron di Indonesia Jadi 136 Orang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya