Ngamuk Anaknya Tak Lulus Uji SIM 13 Kali, Polisi Suruh Ikut Coaching

Solutif ta rek?

Gresik, IDN Times - Video perempuan marah dengan durasi 4 menit 57 detik viral di media sosial (medsos). Perempuan yang diketahui bernama Marita itu geram karena anaknya yang sudah 13 kali ikut uji Surat Izin Mengemudi (SIM) tak kunjung lulus di Satlantas Polres Gresik.

"Assalamualaikum, salam sejahtera untuk semuanya, hari ini tanggal 1 Agustus 2023 saya mau bercerita sedikit, ini saya mau memberitahukan kepada Bapak Kapolri, tadi pagi saya sempat adu mulut dengan petugas Satlantas Polres Gresik, tempat domisili saya, tadi itu saya mau ngantar anak saya kenapa kok sampai 13 kali gak lulus-lulus," ujarnya seperti dikutip dalam video, Rabu (2/8/2023).

Marita berinisiatif mengantarkan sang anak ke Satlantas Polres Gresik untuk melakukan ujian SIM. Tidak hanya itu, ia juga berupaya menemui Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Gresik untuk mendapatkan penjelasan mengapa anaknya tak lulus ujian SIM hingga 13 kali.

"Jadi tadi saya sempat mau menemui Kasatlantas setelah anak saya tidak diluluskan lagi untuk ke 13 kalinya. Saya tadi mau nemuin Kasatlantas tapi tidak diperkenankan, ditanya sama anggotanya, ibu sudah ada janji? Saya bilang belum, lalu petugas itu bilang ‘saya telepon Pak Kasatlantas dulu ya bu', tapi ternyata Pak Kasatlantas tidak ada,” katanya.

Ia lalu menjelaskan, bahwa skema ujian praktik SIM di Satlantas Polres Gresik masih menggunakan lintasan yang dinilai cukup menyulitkan. "Anak saya ini sudah 13 kali pak, saya gak mau anak saya jadi pemain sirkus setelah lulus uji SIM, ternyata himbauan Kapolri kemarin gak dipake pak, aturannya masih sulit," bebernya.

"Tadi saya ngamuk-ngamuk disana, akhirnya diredam oleh petugas, 'bu mari bu ketemu komandan saya' dan saya ketemu dengan Baur SIM nya, namanya Pak Candra. Disitu beliau mencoba untuk mendinginkan saya dan mencari solusi terbaik. Ternyata punya suami saya yang semula juga dipersulit akhirnya diterbitkan, jangan seperti ini dong pak, jangan nunggu masyarakat ngamuk dulu baru diterbitkan," dia menambahkan.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Agung Fitransyah mengaku telah mengecek ke Satuan Penyelanggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polres Gresik. Dia membenarkan adanya pengajuan pembuatan SIM dari suami dan anak Marita. Dia pun langsung mengevaluasi Satpas yang ada di wilayahnya.

Salah satu hal yang ditekankan Agung, masyarakat yang belum lulus uji SIM bisa ikut coaching clinic yang sudah disediakan oleh Satpas Polres Gresik. Nah, dalam pelatihan ini nanti akan diberi tips dan trik lulus uji SIM. Agung menegaskan kalau coaching clinic disediakan gratis.

"Kita akan tambah lagi (tempat coaching clinic) untuk masyarakat yang jauh dari Satpas Satlantas Polres Gresik. Program coaching clinic ini tanpa dipungut biaya," tegas dia.

Baca Juga: Usai Cabuli Anak Tiri, Pria Gresik Sembunyi di Rumah Teman Wanitanya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya