Nahkodai Jatim 2 Tahun, Begini Capaian Khofifah-Emil

Gak terasa udah hampir setengah jalan ya...

Surabaya, IDN Times - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah mengemban jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) selama dua tahun ini. Beberapa program kerja yang dijanjikan semasa kampanye pun mulai digulirkan. Namun semua rencana mendadak berubah lantaran COVID-19 merebak menjadi pandemik sejak awal 2020 lalu.

Nah, lantas bagaimana capaian Khofifah-Emil selama 2 tahun ini?

1. Sektor ketahanan pangan disebut tumbuh 4,3 persen

Nahkodai Jatim 2 Tahun, Begini Capaian Khofifah-EmilSekda Heru Tjahjono didampingi Humas Masjid Al Akbar Helmy M. Noor umumkan pembatalan Salat Idulfitri di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (18/5). (Ist).

Merujuk data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim bahwa sektor ketahanan pangan dalam bidang pertanian tumbuh 4,3 persen pada Januari 2021. Jika dibandingkan 2 tahun lalu yakni tahun 2019, peningkatannya mencapai 13,36 persen. Bahkan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tembus Rp581,5 triliun pada triwulan IV tahun 2020.

"Jawa Timur ini penyumbang ekonomi kedua terbesar di Pulau Jawa, kontribusinya 25,01 persen," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Heru Tjahjono.

2. Infrastruktur, persentase jalan mulus diklaim meningkat

Nahkodai Jatim 2 Tahun, Begini Capaian Khofifah-EmilIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian di sektor infrastruktur, Khofifah-Emil terus menggalakkan tersedianya jalan baru sepert tol. Tak lupa, keduanya berupaya untuk perbaikan jalan. Jika tahun 2018 terdapat 91,08 persen jalan mulus, tahun 2019 bertambah 92,35 persen. Kemudian tahun 2020 menjadi 93,47 persen. 

"Pemprov Jatim tidak berpuas diri dengan hasil ini, karena masih terus melakukan pembenahan di segala bidang, khususnya pelayanan kepada masyarakat melalui sinergi dengan Bupati/Wali Kota, DPRD, serta Forkopimda Jatim,” tegas Heru.

Baca Juga: Banjir Pasuruan Tewaskan Nenek dan Cucunya, Khofifah Berduka

3. Sektor kesehatan fokus penanganan COVID-19

Nahkodai Jatim 2 Tahun, Begini Capaian Khofifah-EmilIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bergeser ke sektor kesehatan, upaya yang paling utama sekarang ini adalah penanganan COVID-19. Seperti menekan angka kasus positif, menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi virus SARS CoV-2 hingga menyediakan jaring pengaman ekonomi bagi rumah tangga atau warga Jatim.

"Ibu gubernur tidak ingin ada penderita COVID-19 yang ditangani setengah-setengah, tapi semaksimal mungkin sampai sembuh," katanya. Upaya yang dilakukan dengan terus menambah rumah sakit rujukan COVID-19.

Baca Juga: PPKM Mikro di Jatim Mulai 9 Februari, Khofifah: Ada Kampung Tangguh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya