Mudik Wajib Vaksinasi Booster, Khofifah Sarankan Ini

melindungi masyarakat rentan dan lansia saat lebaran

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memberi sinyal setuju terkait aturan mudik wajib vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster. Sebab, ia mendorong pencanangan booster di wilayahnya agar lebih dipercepat.

1. Tujuannya untuk melindungi keluarga yang rentan dan sepuh

Mudik Wajib Vaksinasi Booster, Khofifah Sarankan IniIlustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut Khofifah, vaksinasi booster ini bertujuan untuk melindungi masyarakat rentan dan lansia terpapar virus corona SARS CoV-2. Mengingat, mudik identik dengan silaturahim keluarga muda untuk menemui yang lebih tua.

"Sekarang saya minta tolong yang belum vaksin dua kali disegerakan, yang sudah dua kali segera booster. Karena kalau nanti yang sudah mulai mudik di rumah ini yang paling (kedatangan) tamu itu yang sepuh,” ujarnya.

Baca Juga: Angka Stunting Jatim Tinggi, BKKBN Rekrut 68 Orang Sebagai Satgas

2. Imbau agar yang sowan steril dan sehat

Mudik Wajib Vaksinasi Booster, Khofifah Sarankan IniIlustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial ini meminta kepada warga Jatim untuk menjaga dan memastikan keluarganya yang akan mudik telah aman dan steril dari virus. “Jadi pastikan yang sowan itu sehat. Pastikan yang sowan itu sudah booster. Pastikan bahwa yang sepuh terlindungi," kata Khofifah.

"Karena mudik itu yang dicari, yang didatangi, ya yang sepuh. Itu yang harus dilindungi, sehingga suasana mudik tetap khidmat dan tetap selamat,” ucap dia menambahkan.

3. Bisa dapatkan vaksin booster di puskesmas

Mudik Wajib Vaksinasi Booster, Khofifah Sarankan IniPetugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster COVID-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/1/2022). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Nah untuk mendapatkan vaksin booster ini, Khofifah mengimbau warganya segera ke puskesmas atau lokasi vaksin terdekat bila belum mendapatkan dosis lengkap. Menurut gubernur kelahiran Surabaya ini, sekarang stok vaksin di Jatim sangat melimpah.

“Tolong cari tempat vaksin booster, kami punya stok vaksin melimpah. Segera vaksin untuk melindungi keluarga,” tegasnya.

4. Capaian vaksin booster di Jatim tertinggi nasional

Mudik Wajib Vaksinasi Booster, Khofifah Sarankan IniIlustrasi tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Berdasarkan Dashboard Kemenkes/KCPEN, jumlah orang yang divaksinasi dosis pertama maupun kedua di Jatim menempati urutan tertinggi kedua di Indonesia. Sedangkan jumlah orang yang divaksinasi dosis ketiga di Jatim menempati urutan tertinggi ketiga di Indonesia.

Vaksinasi dosis pertama per Minggu (27/3/2022) mencapai 29.121.745 orang atau 91,50 persen, vaksinasi dosis dua mencapai 23.960.575 orang atau 75,29 persen dan vaksinasi dosis ketiga mencapai 2.680.000 orang.

Baca Juga: Rumah Tak Sehat di Jatim Capai 22,17 Persen

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya