Memasuki Libur Nataru, Penumpang di Bandara Juanda Lesu

Turun 7 persen dibanding tahun lalu

Surabaya, IDN Times - Geliat penumpang di Bandara Juanda pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini lebih lesu dibanding sebelumnya. Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, volume penumpang tahun ini ada penurunan sekitar 7 persen dibandingkan tahun lalu.

"Selama enam hari, mulai 19 Desember sampai 24 Desember 2019," ujar Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo Ardi Hanggora melalui keterangan tertulis, Rabu (25/12).

1. Penurunan penumpang dari 370.985 menjadi 344.107 orang

Memasuki Libur Nataru, Penumpang di Bandara Juanda LesuIlustrasi penumpang pesawat. idn times

Yuristo mencatat, tahun ini pergerakan penumpang di Bandara Juanda mencapai 344.107. Angka tersebut masih di bawah 2018 lalu yang mencapai angka 370.985 penumpang. Turunnya penumpang juga memengaruhi angka pergerakan pesawat.

"Periode 19 sampai 24 Desember 2019, pergerakan pesawat di Bandara Juanda sebanyak 2.420 pergerakan. Turun 8 persen, sebelumnya 2018 mencapai 2.621 pergerakan," paparnya.

2. Penurunan terbesar pada pergerakan kargo

Memasuki Libur Nataru, Penumpang di Bandara Juanda LesuBandara Juanda. IDN Times/Reza Iqbal

Penurunan terbesar terjadi pada pergerakan kargo yang penurunannya mencapai 32 persen. Pada periode 19 Desember hingga 24 Desember 2019, pergerakan kargo hanya 1.561.375 kg. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, jumlahnya mencapai 2.288.235 kg.

"Yang terbesar tahun ini ialah pergerakan kargo," ucapnya.

Baca Juga: Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat 

3. Pihak bandara tetap siaga di posko terpadu

Memasuki Libur Nataru, Penumpang di Bandara Juanda LesuIlustrasi pesawat. IDN Times/Ayu Afria

Meski begitu, pihak bandara tetap memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik atau penumpang yang menggunakan transportasi udara. Terbukti, beberapa posko terpadu angkutan darat sudah berdiri. Seperti halnya di lobi terminal satu (T1) Juanda.

"Posko dibuka efektif selama 19 hari, yaitu mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Selama periode tersebut, Bandara Internasional Juanda akan beroperasi selama 24 jam," jelas Yuristo.

4. Penurunan sudah diprediksi

Memasuki Libur Nataru, Penumpang di Bandara Juanda LesuIlustrasi bandara. IDN Times/Larasati Rey

Sebelumnya, General Manager Bandara Internasional Juanda Heru Prasetyo memprediksi akan terjadinya penurunan jumlah penumpang dan pesawat para perayaan nataru tahun ini. Penurunan pergerakan pesawat dan jumlah penumpang, merupakan tren secara nasional.

"Jadi ini bukan di Juanda saja, tapi pada mayoritas bandara di Indonesia,” terang Heru.

Baca Juga: Bandara Kediri Lebih Besar dari Juanda, Tol Disiapkan hingga Pacitan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya