Masih Ada Titik Api, Wisata Gunung Bromo Tutup Sementara

Wisatawan tetap bisa menikmati view di sekitar Bromo

Probolinggo, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memastikan wisata Gunung Bromo ditutup sementara. Penutupan ini imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di padang savana, Bukit Teletubbies.

Berdasarkan data BPBD Jatim per 8 September 2023, lahan yang terbakar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) seluas 274,71 hektare. Luasan yang terbakar itu bukan hanya kawasan padang savana, tapi juga beberapa di lereng gunung.

Pengelola wisata Gunung Bromo, Balai Besar TNBTS tak mau mengambil risiko dengan tetap membuka kawasan wisata. Pihak BB TNBTS memilih menutup ssmentara, kemudian fokus melakukan pemadaman karhutla. Karena diketahui masih ada titik dan bara api yang menyala.

Kepala BB TNBTS, Hendro Widjanarko mengatakan bahwa spot wisata TNBTS yang ditutup untuk sementara antara lain, Penanjakan, Bukit Teletubbies, dan Pasir Berbisik. Namun beberapa spot wisata yang dikelola warga seperti Sunrise View masih bisa dikunjungi oleh wisatawan. 

"Kemudian view di kantor kami juga cukup bagus. Wisatawan bisa melihat view Gunung Bromo dari kantor kami," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat agar bersabar. Sebelum semua api padam, dan dipastikan tidak ada lagi asap yang tersisa, maka wisata Bromo masih ditutup sementara.

"Kalau sudah selesai semua, dan semua aman maka InsyaAllah BB-TNBTS akan berkoordinasi dengan PHRI Bromo untuk membuka kembali wisata di Bromo. Tapi sebelum itu harus dipastikan semua aman. Tidak ada api maupun asap. Karena kalau masih ada asap maka artinya di bawah masih ada api," kata dia.

Meski begitu, mantan Menteri Sosial ini menekankan bahwa wisata Bromo tidak sepenuhnya ditutup. Sehingga masyarakat masih dapat berpariwisata ke tempat-tempat tertentu. Contohnya Seruni Point yang merupakan ruhnya Bromo tidak ditutup.

"Tidak lengkap kalau belum ke sini. Tapi mohon bersabar sebentar sampai seluruh proses pemadaman berlangsung demi keamanan wisatawan," pungkas dia.

Baca Juga: Manajer Wedding Organizer Ditetapkan Tersangka Kebakaran Gunung Bromo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya