Masa Kepengurusan PWNU Jatim Berakhir, PBNU Kirim SK Perpanjangan

Ada instruksi konferwil

Surabaya, IDN Times - Masa khidmat kepengurusan PWNU Jawa Timur (Jatim) telah berakhir pada Minggu (3/9/2023). PBNU ternyata memilih untuk memperpanjang masa kepengurusan melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 267.c/A.II.04/09/2023.

Terdapat empat poin dalam SK tersebut. Salah satu poin memerintahkan PWNU Jatim menggelar konferensi wilayah (konferwil). Di dalam SK itu juga disebutkan bahwa perpanjangan masa khidmat PWNU Jatim berakhir sampai 3 Maret 2024. 

Artinya, berlaku enam bulan sejak SK tersebut dikeluarkan. Ada empat poin keputusan yang dikeluarkan PBNU dalam SK tersebut. Pertama, memperbaharui susunan kepengurusan PWNU Jatim.

Kedua, menginstruksikan PWNU Jatim untuk melakukan penataan dan konsolidasi organisasi. “Serta melaksanakan konferensi wilayah Nahdlatul Ulama, sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Nahdlatul Ulama, dan Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama, sebelum masa khidmatnya berakhir,” isi sebagian keputusan itu.

Di SK tersebut juga diterakan susunan pengurus yang baru. Tidak ada perubahan signifikan. Rais Syuriah PWNU Jatim tetap dijabat oleh KH Anwar Manshur dan ketua tanfidziyah dijabat oleh KH Marzuki Mustamar. Adapun KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam yang sebelumnya menjadi wakil ketua tidak tertera di SK.

Sekretaris PWNU Jatim Akhmad Muzakki tidak dapat menjelaskan rinci perihal SK tersebut. Menurut dia, SK itu dikeluarkan PBNU sehingga menjadi kewenangan mereka. “Langsung ke PBNU,” kata dia.

Sementara Wakil Sekjen PBNU Faisal Saimima hanya menyampaikan kalau SK sudah dikirim. Dia menegaskan bahwa hal itu yang tertera dalam SK untuk segera dilaksanakan. Sudah kirim permohonan dan sudah ada SK perpanjangan,” kata dia.

Dia tidak menjelaskan apakah nama-nama susunan kepengurusan PWNU Jatim yang diperpanjang tersebut masih sama dengan sebelumnya atau ada perubahan. “Apapun yang ada dalam SK kepengurusan itu konsumsi internal,” pungkas dia.

Baca Juga: Dipecat dari Wakil Ketua PWNU Jatim, Cucu Pendiri NU Minta Maaf

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya