Ledakan Blitar, Polisi Temukan Puntung Rokok hingga Pecahan Logam

Bahan peledak tersebt tergolong low explosive

Surabaya, IDN Times - Sejumlah barang bukti ditemukan di lokasi ledakan petasan di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Temuan barang bukti ini perlahan mulai menguak penyebab ledakan yang menewaskan empat orang dan menghancurkan 25 rumah pada Minggu (19/2/2023) malam.

Barang bukti yang ditemukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Labfor) antara lain, tiga panci, wajan, pecahan logam dan satu puntung rokok. Polisi juga menemukan bahan peledak di dapur rumah yang diduga kuat untuk memproduksi petasan atau mercon.

"Di TKP juga ditemukan bahan yang masih asli, hanya berbentuk belerang. Jadi mungkin ada proses pembuatan di sana. Belum kita temukan bahan yang lain," ujar Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo, Selasa (21/2/2023).

Bahan peledak yang ditemukan itu sudah diperiksa di laboratorium. Hasil kandungannya ada kalium klorat, alumunium dan sulfur. Kandungan itu merupakan bahan peledak. Bila dicampur menjadi peledak jenis low explosive.

"Bahan peledak jenis low explosive atau bahan isian mercon, atau bahan isian bondet. Itu yang sampai saat ini hasilnya seperti itu," kata Sodiq.

Sebelumnya, ledakan terjadi di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar pada Minggu (21/2/2023) malam. Ledakan ini menewaskan empat orang. Nah, empat orang ini diketahui masih satu keluarga.

Jenazah satu orang korban ditemukan dalam kondisi utuh. Sedangkan tiga lainnya terpental hingga sejauh 100 meter dari sumber ledakan.

Korban pertama yang ditemukan tewas adalah Sudarman. Lansia ini merupakan pemilik rumah tempat menyimpan bubuk petasan. Selain itu terdapat tiga orang lain yang berada di rumah tersebut. Mereka adalah Widodo dan Arifin yang merupakan anak Sudarman dan Wawa, kerabat ipar Arifin.

Selain empat korban jiwa, terdapat korban luka. Tri Wahyudi (27), Dwi Erna Wati (21), Bara Kartanegara (4 bulan), Jumali (35) dan Mesirah (60). "Korban dilarikan ke RSUD Srengat dan Puskesmas Kecamatan Ponggok terdekat," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Soebroto kepada IDN Times, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Terdampak Ledakan Petasan Blitar, Warga Pilih Pindahkan Perabot Rumah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya