KPK Tahan Rendra Kresna, Gubernur Soekarwo Tunjuk Plt Bupati Malang

Soekarwo berpesan kepada Plt Bupati Malang

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, akan melakukan serah terima SK Plt. Bupati Malang. Hal ini dilakukan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status tersangka Bupati Malang, Rendra Kresna. Secara otomatis, Wakil Bupati, Sanusi, langsung diangkat untuk menjadi penggantinya. Serah terima SK nanti digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/10).

Baca Juga: Diperiksa Oleh KPK, Bupati Malang: Saya Ikhlas Menerima Apapun

1. Gubernur beri pesan terkait anomali

KPK Tahan Rendra Kresna, Gubernur Soekarwo Tunjuk Plt Bupati MalangDok. IDN Times/ Istimewa

Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo mengatakan kalau dirinya akan memanggil Sanusi sekitar pukul 14.00 WIB. Tak lupa dia memberi pesan kepada Sanusi terkait anomali. "Jatim pelayanan publik 30 persen. Pelayanan publik nasional terbaik itu Jatim. Tapi OTT-nya banyak," ujarnya usai acara Kongres V Vokasi Nasional di UNAIR. 

2. Gubernur kerja sama dengan ahli

KPK Tahan Rendra Kresna, Gubernur Soekarwo Tunjuk Plt Bupati MalangIDN Times/Ardiansyah Fajar

Maka dari itu, Pakde melakukan upaya bekerja sama dengan para ahli dan psilokog. Dia meminta untuk diteliti. "Kenapa seperti itu. Kami besok di Kemendagri semua ekselon satu disuruh nyampaikan governance. Saya bingung kena OTT banyak dapat penghargaam banyak. Jadi integritas insan kamil ngurusi gimana. Saya minta bantuan ahli minta penelitian," terangnya.
 

3. Gubernur sebut ada perjanjian yang tertuang melalui pakta integritas

KPK Tahan Rendra Kresna, Gubernur Soekarwo Tunjuk Plt Bupati MalangIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, saat ditanya apakah nanti ada perjanjian dengan Plt. Bupati, Pakde mengatakan perjanjian tersebut sudah tertuang dalam pakta integritas. "Tapi problemnya itu moral. Kalau IT bisa diurus. Kalau moral mulai orang tuanya," pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Malang Ditahan KPK di Rutan Polres Jaksel

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya