Konser di Zona Oranye COVID-19 akan Hadirkan Ari Lasso dan Via Vallen

Konser akan digelar di tempat wisata milik Gus Ipul

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul berencana menggelar konser di area wisata Ngopibareng Pintu Langit, Kabupaten Pasuruan, Sabtu mendatang (12/9/2020). Konser bertajuk "Era Normal Baru" ini akan mengundang penyanyi kondang, Ari Lasso pedangdut Via Vallen, dan pembawa acara Luna Maya.

1. Jadi konser besar pertama di Indonesia

Konser di Zona Oranye COVID-19 akan Hadirkan Ari Lasso dan Via VallenInstagram.com/viavallen

Khofifah mengatakan, Konser Era Normal Baru ini akan menjadi konser besar pertama di Indonesia setelah berbulan-bulan bergelut dengan pandemik COVID-19.

"Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan," ujarnya usai bertemu dengan Gus Ipul di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (24/8/2020).

2. Wajib terapkan protokol kesehatan

Konser di Zona Oranye COVID-19 akan Hadirkan Ari Lasso dan Via VallenIlustrasi konser. Unsplash/pienmuller

Lantaran melibatkan banyak orang, konser tersebut diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Seperti pembatasan kapasitas penonton, penjualan tiket secara daring, pemakaian masker, dan imbauan jaga jarak fisik atau phyisical distancing.

"Jadi ini bertahap, lalu bertingkat dan berlanjut. Penjualan tiketnya secara daring. Kapasitas hanya 1.200 orang sampai 1.300 orang dari kapasitas normal mencapai 13 ribu orang dan digelar sore hari di alam terbuka," kata Khofifah.

Baca Juga: Ditawari Jadi Cawali Kota Pasuruan, Gus Ipul: Diminta Pulang Kampung

3. Konser libatkan polisi dan tentara untuk keamanan

Konser di Zona Oranye COVID-19 akan Hadirkan Ari Lasso dan Via VallenGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan Gus Ipul di Grahadi, Senin malam (24/8/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Selain itu, konser ini akan melibatkan Polda Jatim dan TNI. Tujuannya meminta bantuan personel pengamanan. Sementara pengisi acara, termasuk Ari Lasso sudah setuju dengan penyelenggaraan konser di tempat wisata milik Gus Ipul tersebut.

"Kebetulan Ari Lasso punya program event yang cocok dengan era normal baru, sehingga orang bisa mendengarkan sajian musik, tetapi tetap kesehatan terjaga. Kami tadi membicarakan rencana itu dan semoga terlaksana," tutur Gus Ipul.

4. Penonton tak kebagian tiket bisa nikmati konser virtual lewat live streaming YouTube

Konser di Zona Oranye COVID-19 akan Hadirkan Ari Lasso dan Via VallenGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan Gus Ipul di Grahadi, Senin malam (24/8/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Bagi penonton yang tak bertiket, lanjut Gus Ipul, dilarang masuk. Namun, penyelenggara akan tetap menyediakan layanan daring. Supaya penikmat musik, khususnya penggemar Ari Lasso, dapat menyaksikan konser secara virtual.

"Kami sudah siapkan channel YouTube yang bisa disaksikan langsung dan dari mana saja. Yang jelas, penonton di lokasi nantinya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat," katanya.

Alternatif ini tentunya menjadi salah satu antisipasi agar wisatawan Ngopibareng Pintu Langit tidak membludak. Mengingat, Kabupaten Pasuruan masih berstatus zona oranye atau tingkat risiko sedang penularan COVID-19.

Daerah ini juga menduduki posisi kelima kasus terkonfirmasi positif terbanyak di Jatim dengan kumulatif 901 kasus, setelah Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Kota Malang.

Baca Juga: Khofifah Sabet Penghargaan Kemenag karena Selawat Tangkal COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya