Kesembuhan Jatim 20 Ribu Orang, Khofifah Sebut Ekonomi Mulai Bergeliat

Persentase kesembuhan Jatim lebihi nasional dan global

Surabaya, IDN Times - Kesembuhan pasien COVID-19 di Jawa Timur terpantau terus naik. Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, sebanyak 468 orang dinyatakan sembuh pada Jumat (14/8/2020). Total kasus sembuh kini tembus 20.016 orang, setara 74,2 persen.

1. Persentase kesembuhan Jatim lebihi nasional dan internasional

Kesembuhan Jatim 20 Ribu Orang, Khofifah Sebut Ekonomi Mulai BergeliatIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Persentase itu membuat Jatim melebihi persentase kesembuhan nasional bahkan internasional. Berdasarkan data pasien sembuh di tingkat nasional mencapai 89.618 orang atau 66,3 persen dan kesembuhan di tingkat Internasional yakni 66,1 persen.

"Alhamdulilah, kabar baik terus datang bagi masyarakat Jatim. Jumlah kesembuhan semakin bertambah. Bahkan, jumlah persentase kesembuhannya mampu melebihi nasional dan internasional," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (14/8/2020).

2. Jatim jadi penyumbang ekonomi terbesar nomor dua di Pulau Jawa

Kesembuhan Jatim 20 Ribu Orang, Khofifah Sebut Ekonomi Mulai BergeliatGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat launching 26 juta masker di Pendopo Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain kesembuhan, mantan Menteri Sosial itu tersebut menyebut bahwa Jatim menjadi penyumbang ekonomi terbesar nomer dua di Pulau Jawa. Juga menunjukkan kontraksinya dalam kuartal II ini terendah di Pulau Jawa, yakni 5,9 persen.

Kemudian realisasi investasi Jatim pada semester satu dikatakannya tumbuh 59,2 persen year on year (YoY). Angka ini jauh lebih tinggi dari angka Nasional yang sebesar 1,8 persen.

Baca Juga: Kali Pertama Sejak Jadi Gubernur, Khofifah Bertemu Risma di Balai Kota

3. Angka PHK menurut survei SMRC hanya 4 persen

Kesembuhan Jatim 20 Ribu Orang, Khofifah Sebut Ekonomi Mulai BergeliatIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak hanya itu, survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebut Jatim memiliki angka PHK yang terendah di pulau Jawa, yakni hanya empat persen. "Seluruh elemen akan terus bahu-membahu untuk melakukan lompatan mengatasi krisis kesehatan dan krisis ekonomi," ucap Khofifah.

Baca Juga: Tersedia di 38 Kab/Kota Jatim, Lumbung Pangan Siapkan Kado Kemerdekaan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya