Kena OTT KPK, Kepala Kejari Bondowoso Diganti

Kejati minta jaga integritas dan netralitas

Surabaya, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) mengganti Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejari) Bondowoso Puji Triasmoro yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Puji digantikan Dzakiyul Fikri yang dilantik langsung oleh Kepala Kejati Jatim, Mia Amiati pada Kamis (23/11/2023). Saat pelantikan, Mia mengatakan kalau pengangkatan ini melalui proses yang berat. Ia meyakini Fikir akan menjadi nahkoda yang baik di Kejari Bondowoso.

"Saya yakin dengan pengangkatan Dzakiyul Fikri menjadi Kajari Bondowoso sangat berat, namun pimpinan melalui proses kajian yang mendalam, pertimbangan yang matang serta penilaian yang objektif sehingga dipandang mampu untuk menduduki jabatan tersebut," ujarnya.

Mia juga berpesan kepada Dzakiyul Fikri usai dilantik untuk segera mengembalikan situasi kerja yang dapat memotivasi seluruh jajaran Kejari Bondowoso. Selain itu Fikri harus memulihkan kepercayaan masyarakat dengan kinerja kejaksaan.  

"Saya tekankan bahwa intergritas moral sudah sepatutnya dijadikan sebagai standar minimum yang harus dimiliki oleh setiap insan Adhyaksa dimanapun berada," tegasnya.

"Standar minimum tersebut merupakan karakter dasar yang harus melekat dan dimiliki oleh semua insan Adhyaksa, khususnya di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur," imbuh Mia.

Tak lupa, Mia mengingatkan Kajari Bondowoso yang baru dilantik ini untuk menjaga netralitas Kejaksaan dalam kontestasi politik. "Ini untuk mewujudkan atmosfer demokrasi dan penegakan hukum yang sejuk, kondusif, serta tidak berpihak dalam mewujudkan demokrasi yang sehat guna mencegah perpecahan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Kejaksaan mengambil peran sentral dalam pelaksanaan pemilihan umum sebagai bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu. "Ini untuk mengantisipasi adanya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) yang dapat mengganggu kepentingan dan keamanan dalam bidang penegakan hukum serta ketertiban umum," pungkas dia.

Baca Juga: Kajati Jatim Prihatin Lihat Jaksa Bondowoso Terciduk OTT KPK

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya