Comscore Tracker

Jatim Borong 9 Penghargaan, Khofifah: Tujuan Kita Masyarakat

Banyuwangi dapat terbanyak

Semarang, IDN Times - Peningkatan pelayanan melalui program inovasi terus dilakukan oleh kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim). Terbukti, sebanyak sembilan layanan inovasi pun mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

1. Banyuwangi dapat terbanyak beserta lima daerah lainnya

Jatim Borong 9 Penghargaan, Khofifah: Tujuan Kita MasyarakatIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Dari sembilan penghargaan itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyebut Banyuwangi terbanyak dengan empat penghargaan. Disusul Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Bondowoso.

"Saya rasa terbanyak Banyuwangi, berharap bahwa sudah sukses tetap lakukan inovasi berikutnya," ujarnya usai Penganugerahan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Semarang, Kamis (18/7).

2. Inovasi tidak kejar penghargaan tapi tingkatkan layanan ke masyrakat

Jatim Borong 9 Penghargaan, Khofifah: Tujuan Kita MasyarakatIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Pengembangan inovasi pelayanan publik ini, lanjut Khofifah, bukan semata untuk mencari penghargaan dan prestasi. Dia menekankan tujuan utama inovasi ialah peningkatan layanan publik dan bisa mendapatkan ruang di hati masyarakat Jawa Timur.

"Mereka merasa terlayani dengan baik, mereka puas dengan layanan Pemprov, Pemkab, Pemko. Saya rasa itu substansinya awarding yang dilakukan oleh Menpan RB ini akan menjadi pendorong, semangat, seluruh institusi untuk terus, jangan pernah berhenti melakukan inovasi inovasi layanan publik," terangnya.

Baca Juga: Khofifah dan Pangdam V Brawijaya Buka TMMD ke-105 di Banyuwangi 

3. Minta layanan publik konsep mudah, murah dan cepat

Jatim Borong 9 Penghargaan, Khofifah: Tujuan Kita MasyarakatIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Khofifah berharap, penghargaan inovasi ini bisa menjadi motivasi dari seluruh layanan publik di Jatim meningkat. Dia meminta kebutuhan masyarakat Jatim bisa terlayani dengan konsep mudah, murah dan cepat.

"Jadi, bagaimana mudah, murah, cepat, kalau dalam bahasa yang awal saya menyampaikan ke OPD itu Cettar, cepat, efektif, tanggap, transparan, acountable dan responsif. Saya berharap tentu sebagai Gubernur, kita ingin Kabupaten Kota akan terus melakukan inovasi-inovasi," harapnya. 

4. Penghargaan ditingkatkan tahun depan

Jatim Borong 9 Penghargaan, Khofifah: Tujuan Kita MasyarakatIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin mengatakan, penghargaan inovasi pelayanan publik, merupakan kebanggaan bagi masyarakat, terutama semua elemen pemerintah. Tahun depan ia berharap, tidak hanya 99 Inovasi yang diberikan, tetapi lebih banyak lagi.

"Tentu, mudah-mudahan ini bisa mengalir terus dari tahun ke tahun, sehingga seluruh masyarakat bisa terlayani dengan baik, sehingga mencapai kesejahteraan, mencapai kebahagiaan. Jadi bukan lagi kepuasan publik tolak ukurnya, tapi kebahagiaan publik," tandasnya.

Baca Juga: Polemik Sampah Plastik Impor, Khofifah: Akan Diolah Jadi Listrik

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You