Jangan Bikin Kerumunan! Nomor Urut Paslon Pilkada Disiarkan di YouTube

.Ayo rek manuto

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) mengingatkan kepada seluruh pasangan calon dan partai pengusungnya agar tidak menggelar konvoi saat pengundian nomor urut peserta Pilkada 2020, besok Kamis (24/9/2020). Untuk mengantisipasinya, KPU telah berkoordinasi dengan kepolisian.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan banyak pihak, salah satunya kepolisian juga untuk memastikan 24 September (Kamis), saat pengundian nomor urut tidak ada konvoi massa, tidak ada arak-arakan massa, tidak ada pendukung yang hadir di kantor KPU," ujar Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, Rabu (23/9/2020).

1. Undangan dibatasi, pendukung bisa live streaming lewat YouTube

Jangan Bikin Kerumunan! Nomor Urut Paslon Pilkada Disiarkan di YouTubeIlustrasi YouTube. unsplash.com/Szabu Viktor

Ketika pengundian nomor urut, lanjut Anam, pihak-pihak yang diundan datang akan dibatasi. Yakni pasangan calon, perwakilan partai pengusung maksimal masing-masing dua orang dan tim teknis. Agar para pendukung paslon bisa mengikuti, pengundian akan disiarkan secara langsung via YouTube.

"Proses pengundian nomor urut akan kami siarkan melalui media streaming KPU kabupaten/ kota masing-masing. Masyarakat bisa melihat secara streaming," kata dia.

2. Imbau tidak membuat kerumunan

Jangan Bikin Kerumunan! Nomor Urut Paslon Pilkada Disiarkan di YouTubeIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Adanya fasilitas tersebut, Anam mengimbau paslon untuk tidak mengerahkan massa ke kantor KPU saat pengundian nomor urut tersebut. Dikhawatirkan, kerumunan massa bisa mempermudah penyebaran virus corona. Dia mengajak semua pihak untuk sama-sama menyukseskan pilkada serentak 2020 dengan tidak menghadirkan kerumunan.

"Ini sudah kami sampaikan kepada seluruh pihak untuk tidak ada arak-arakan, tidak ada massa yang datang ke kantor KPU maupun di tempat pelaksanaan," tegasnya.

Baca Juga: Resmi! Dua Pasangan Calon Akan Bertarung di Pilkada Surabaya

3. Paslon ditetapkan hari ini

Jangan Bikin Kerumunan! Nomor Urut Paslon Pilkada Disiarkan di YouTubeIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (http://updatenews.co.id/dua-kandidat-bapaslon-pilkada-pandeg)

Sebagai informasi, ada 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada 2020. Pada 23 September 2020, KPU kabupaten/kota telah melakukan rapat pleno dan menetapkan paslon yang akan berkontestasi. Tahapan selanjutnya pengundian nomor urut peserta, 24 September 2020. Rencananya, pemungutan suara digelar pada 9 Desember 2020.

Baca Juga: Pasangan Calon Tunggal Ini Ditetapkan Sebagai Peserta Pilkada Ngawi 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya