Hanya 5,3 persen Pelamar Lolos Kompetensi Dasar CPNS, BKD Jatim Usul Penurunan Standar

Wah sedikit sekali ya yang lolos...

 

Surabaya, IDN Times - Ketua Badan Kepala Daerah Jawa Timur (BKD Jatim) Anom Surahno mengusulkan penurunan standar kelulusan atau passing grade pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pasalnya banyak pelamar CPNS yang gugur pada tes ini. "Sampai hari ini yang lolos baru 5,31 persen dari 53 ribu pelamar. Sebelumnya yang daftar Jatim itu 63 ribu," ujarnya saat ditemui di Hotel Shangri La Surabaya, Kamis (15/11).
 

1. BKD Jatim akan gelar pertemuan dengan BKN besok

Hanya 5,3 persen Pelamar Lolos Kompetensi Dasar CPNS, BKD Jatim Usul Penurunan StandarIDN Times/Imam Rosidin

Anom mengatakan, usulan skema penurunan passing grade akan disampaikan besok (16/11). Dia membeberkan akan ada pertemuan antara BKN dengan BKD di Kantor Kanreg 2 Surabaya. "Besok kepala bkn letemu dengan kita di Surabaya. Yang hadir beberapa BKD kabupaten/kota membahas skema penurunan passing grade," katanya.
 

2. BKD usulkan ada penurunan 3 poin dari hasil tes

Hanya 5,3 persen Pelamar Lolos Kompetensi Dasar CPNS, BKD Jatim Usul Penurunan StandarIDN Times/Habil Misbacul Alam

Untuk perubahan yang diusulkan, BKD Jatim meminta adanya penurunan tiga poin. Sehingga nantinya hasil yang lulus bisa diumumkan pada 22-23 November 2018. "Kita harapkan dari hasil tes diturunkan 3 (poin).Sehingga dalam waktu dekat bisa diumumkan," katanya.

3. Jam tes dan persiapan disinyalir jadi sebab gugurnya pelamar

Hanya 5,3 persen Pelamar Lolos Kompetensi Dasar CPNS, BKD Jatim Usul Penurunan StandarIDN Times/Irma Yudistirani

Selain passing grade, Anom menyatakan ada faktor lain kenapa banyak pelamar yang gugur. Yakni jam tes dan persiapan. "Ya itu jam tesnya. Sama persiapan dari BKN terlalu pendek (untuk mengadakan tes)," pungkasnya.

Baca Juga: Kelulusan CPNS Rendah, Pemkab Madiun Passing Grade Diturunkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya