Gugus Tugas Nasional Pinjamkan Lagi Satu Mobil PCR

Buat gantian ya, biar ndak rebutan lagi ~

Surabaya, IDN Times - Setelah mengirim bantuan dua mobil PCR untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berencana meminjamkan satu lagi mobil PCR. Sehingga, nantinya ada total tiga mobil PCR yang beroperasi di Jatim.

"(Bantuan) dua unit mobil PCR yang sudah dioperasikan oleh Kota Surabaya, kemudian satu unit lagi mobil (PCR) menyusul," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo saat menyalurkan bantuan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (2/6).

1. Ratusan ribu reagen dan mesinnya disalurkan ke Pemprov Jatim

Gugus Tugas Nasional Pinjamkan Lagi Satu Mobil PCRMobil laboratorium pinjaman BNPB dan BIN di Asrama Haji Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya.

Selain mobil PCR, Doni menyebut bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa 122.380 reagen PCR, RNA dan VPN untuk tes COVID-19. Bahkan bantuan reagen PCR ditambah 30 ribu, RNA 32 ribu dan VPN 50 ribu.

"Ada juga tiga unit mesin PCR yang sudah tergelar di beberapa rumah sakit, ada antigen rapid test 25 ribu sudah disalurkan, satu mesin RNA dan lima unit ventilator (sudah disalurkan) hari ini ada (tambahan) 10 unit ventilator," katanya.

2. Alat rapid test dan APD juga diberikan

Gugus Tugas Nasional Pinjamkan Lagi Satu Mobil PCRIlustrasi rapid test. (IDN Times/Mia Amalia)

Gugus Tugas Pusat juga memastikan telah menyalurkan 70.500 alat rapid test ke Pemprov Jatim. Ditambah lagi alat pelindung diri (APD) sebanyak 610.114 pcs. Beberapa bantuan, lanjut Doni, masih dalam proses pengiriman. Seperti 1.500 GeneXpert sesuai permintaan Dinas Kesehatan Jatim.

"(Dan) dua unit container stationer yang nanti diberikan ke Pemprov Jatim, nanti bisa ditempatkan di rumah sakit darurat (RS Lapangan Jalan Indrapura Surabaya)," ucap dia.

3. Robot pintar untuk bantu laboratorium segera dikirim

Gugus Tugas Nasional Pinjamkan Lagi Satu Mobil PCRKetua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat menyerahkan bantuan di gedung Grahadi. Dokumentasi Humas Pemprov Jatim

Lebih lanjut, Doni juga segera mengirim satu robot pintar yang bisa difungsikan di laboratorium seperti Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair). "Satu unit robot ultraviolet kerjasama kepala staf kepresidenan dengan Telkom bisa digunakan di laboratorium yang sudah terkontaminasi virus," imbuhnya.

Baca Juga: Wawali dan Wakil Ketua DPRD Surabaya Kompak Usulkan Beli Mobil PCR

4. Berharap tes COVID-19 di Jatim makin aktif, cepat dan masif

Gugus Tugas Nasional Pinjamkan Lagi Satu Mobil PCRKetua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat penyerahan bantuan di gedung Grahadi. Dokumentasi Humas Pemprov Jatim

Sementara itu, Menkes Terawan Agus Putranto berharap bantuan PCR yang disalurkan ke Pemprov Jatim bisa membuat tes COVID-19 semakin cepat dan masif. Sehingga pencegahan dini dapat dilakukan di lingkungan sekitar seseorang yang terinfeksi virus ini.

"(Bisa) semakin aktif mengecek, mengontrol, menemukan kasus bisa sedini mungkin, persebarannya bisa diminimalisir," katanya.

Baca Juga: Risma Marah Mobil Laboratorium BNPB Dikirim ke Daerah Lain

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya