Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021

Akan saling menopang dengan jalan Selingkar Wilis

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifag Indar Parawansa melakukan pertemuan dengan perwakilan direksi PT Gudang Garam Tbk yang juga Direktur PT Surya Dhoho Ivestama (SDI), Susanto Widiatmoko di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (30/9). Pertemuan ini membahas tentang proyek Bandara Kediri.

 

1. Groundbreaking dimulai Januari 2020

Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021ilustrasi bandara/Twitter.com/@hkairport

 

Khofifah mengatakan, pertemuan ini menindaklanjuti pesan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi pada peringatan Hari Perhubungan 2019 tentang Bandara Kediri. Ia memastikan, groundbreaking alias peletakan batu pertama dilakukan Januari 2020.

"Oleh karena itu komunikasi koordinasi hari ini sesungguhnya ingin harapan kita semua adalah Januari bisa groundbreaking," ujarnya.

2. Ditarget selesai akhir 2021

Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Apabila groundbreaking bisa dimulai Januari 2020, gubernur yang juga mantan Menteri Sosial ini optimis Bandara Kediri beroperasi setahun berikutnya. Keoptimasan itu muncul karena Bandara Kediri masuk di Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kalau groundbreaking Januari diasumsikan akhir 2021 selesai," kata Khofifah.

Baca Juga: Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan Terus

3. Bisa jadi pengembangan beberapa sektor

Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ke depan, lanjut Khofifah, Pemprov Jatim telah melirik akan banyak investor masuk dengan adanya Bandara Kediri. Karena kawasan di Selingkar Wilis juga akan dikembangkan oleh pemerintah.

"Kalau ada airport di Kediri saya rasa pintu masuk pengembangan apa saja bisa, pendidikan, prindustrian, perikanan, pariwisata," tambah Khofifah.

4. Salah satunya yang sudah dikomunikasikan SMK Penerbangan

Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021Ilustrasi airport/unsplash.com/@marklchaves

 

Lebih lanjut, gubernur kelahiran Surabaya ini membeberkan kalau sudah disiapkan SMK Penerbangan di Kediri. Nantinya para lulusan sekolah tersebut SDM-nya diharapkan bisa berkontribusi langsung di dunia industri penerbangan. Pemprov Jatim dan Pemkab Kediri sudah berkomunikasi dengan Dubes Inggris terkait kerjasama pendidikan vokasi.

"SDM bagi anak di kediri yang bisa memiliki skill masang sparepart pesawat. Ini sudah kita komunikasikan dengan Dubes Inggris. Bupati Kediri juga telah berkomunikasikan dengan Dubes Inggris," tandasnya.

Baca Juga: 2020 Mulai Dibangun, Lokasi Bandara Kediri Masih Misteri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya