Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan Terus

Saat ini sedang proses pengadaan tanah

Surabaya, IDN Times - Proyek Bandara Kediri yang sempat dikabarkan berhenti dibantah oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elistianto Dardak. Dka menegaskan bahwa proyek tersebut masih terus berjalan.

"Ada sedikit yang belum tuntas yang kami pahami. Namun, tidak ada informasi yang mengatakan deadlock," ujar Emil saat ditemui di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (8/8).

1. Proses pengadaan tanah

Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan TerusIDN Times/Istimewa

 

Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan, kalau proyek ini mendapat perhatian dari pusat. Sejauh ini, pihaknya masih di proses pengadaan tanah.

"Yang kami pahami bahwa Kemenko Maritim menaruh perhatian yang sangat khusus terhadap bandara ini, pengadaan tanah sudah berlangsung," kata Emil.

2. Pengerjaan libatkan ahli dalam dan luar negeri

Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan TerusIDN Times/Marisa Safitri

 

Nantinya, lanjut Emil, proses pembangunan bandara Kediri ini juga melibatkan berbagai orang yang ahli di bidangnya. Dia juga menuturkan kalau pengerjaannya akan melibatkan pihak dalam maupun luar negeri

"Sebenarnya masih bisa dan tentunya sisi calon pengembang sudah mengusulkan konsep ini melibatkan profesional dari dalam maupun mancanegara mempersiapkan bandara sebaik mungkin. Karena yang terlibat para pelaku perencana yang profesional yang tergabung para ahli," terang Emil.

3. Bandara Kediri akan tersambung Tol Trans Jawa

Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan TerusANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

 

Suami Arumi Bachsin ini menekankan, kalau proyek Bandara Kediri dikerjakan dengan serius. Terlebih, pemerintah akan menunjangnya dengan jalan tol. Sehingga nantinya langsung terintergrasi dengan Tpr Trans Jawa.

"Saya katakan disiapkan sangat serius. Progresnya masih berjalan dengan baik dan akan sinergis dengan jalan tol penugasan tambahan seksi Kertosono-Kediri," pungkas Emil.

Baca Juga: Proyek Bandara Kediri Terancam Batal, Ini Alasannya

4. Kepala Dishub Jatim sempat beberkan PT SDI keberatan melanjutkan proyek bandara

Ada Kendala, Emil Pastikan Pembangunan Bandara Kediri Jalan Terusunsplash.com/@romangreen1

 

Sebelumnya, PT Surya Doho Investama (SDI) keberatan dengan aturan pada UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan. Pada UU tersebut, menjelaskan bahwa konsensi pengelolaan bandara oleh swasta masanya hanya 30 tahun. Dishub Jatim berencana menggelar pertemuan dengan PT SDI guna membahas masalah konsesi ini awal bulan depan. Fattah berharap investor tidak melihat dari sisi bisnisnya saja.

Baca Juga: Emil Sebut Ada Aturan yang Bisa Bikin Lanjutkan Proyek Bandara Kediri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya