Empat Daerah di Jatim Mulai Gelar Vaksinasi Booster

Prioritas bagi nakes, lansia hingga pelajar

Surabaya, IDN Times - Pencanangan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster mulai dilakukan di Jawa Timur (Jatim), Rabu (12/1/2022). Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyebut ada empat kabupaten/kota yang memulai vaksinasi booster secara serentak.

"Hari ini dilakukan vaksin booster di Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan Surabaya," ujarnya saat meninjau pelaksanaan kick off vaksin booster di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jatim.

1. Penerima vaksinasi booster harus sesuai dengan dosis 1 dan 2

Empat Daerah di Jatim Mulai Gelar Vaksinasi BoosterIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menyebut bahwa ada sejumlah aturan dalam pelaksanaan vaksinasi booster ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis vaksin primer yang didapatkan di dosis pertama dan kedua.

"Kalau vaksin primernya (jenis) apa, boosternya apa. Kualifikasi itu sudah disosialisasikan oleh Dinkes," kata Khofifah.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Cek Tiketnya di PeduliLindungi

2. Penerima diprioritaskan nakes, lansia pelayan publik, dan pelajar

Empat Daerah di Jatim Mulai Gelar Vaksinasi BoosterIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Terkait prioritas penerima vaksinasi booster di Jatim, sambung Khofifah, ialah tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksin booster. Kemudian lansia juga ditargetkan mendapat vaksin booster secepatnya. "Kami percepatan vaksinasi utamanya untuk lansia terutama untuk lini terdepan, pelayanan publik, remaja juga," katanya.

"(Pelajar) SMA SMK sudah PTM begitu juga untuk 6-11 tahun. Yang belum vaksin atau belum lengkap dosis vaksinnya, pastian kabupaten kota lakukan percepata," dia melanjutkan.

3. Targetkan 100 orang dapat vaksinasi booster hari ini

Empat Daerah di Jatim Mulai Gelar Vaksinasi Boosterilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, dr. Erwin Astha Triyono menargetkan 100 orang mendapatkan vaksin booster di kick off hari ini. "Jumlah sasaran ada 100 orang untuk guru, pengurus masjid, ormas, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)," kata Erwin.

"Jika dosis 1 dan 2 Sinovac-Sinovac, maka boosternya Setengah dosis Astra Zeneca (AZ). Jika dosis 1 dan AZ-AZ, maka boosternya setengah dosis Moderna," pungkas Erwin.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Vaksin Booster di Surabaya Ada di 12 Puskesmas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya