Empat Calon Penumpang Kapal dari Madura Positif COVID-19 

Tes Swab Antigen dilakukan di Pelabuhan Kamal, Bangkalan

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan Direktorat Polairud untuk melakukan swab antigen di kawasan Pelabuhan Kamal, Bangkalan. Hasilnya, ada sebanyak empat calon penumpang kapal ferry yang positif COVID-19.

"Hasil giat swab antigen yang sudah dilaksanakan sebanyak 161 orang dengan hasil empat orang positif," ujar Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi, Selasa (8/6/2021).

1. Untuk pencegahan penularan COVID-19

Empat Calon Penumpang Kapal dari Madura Positif COVID-19 Ditpolairud Polda Jatim gelar swab antigen bagi calon penumpang kapal dari Bangkalan ke Surabaya. Dok. Istimewa.

Swab antigen yang digelar Ditpolairud Polda Jatim ini bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 dari Madura ke Surabaya atau sebaliknya. Mengingat terjadi lonjakan kasus virus SARS CoV-2 di Kabupaten Bangkalan pascalibur lebaran.

"Kami giatkan untuk pencegahan COVID-19," kata perwira dengan tiga melati emas ini.

Baca Juga: Menolak Tes Swab, Warga Madura Tantang Polisi Duel di Suramadu

2. Positif dilarang lanjut perjalanan kemudian dibawa ke Balai Diklat Bangkalan

Empat Calon Penumpang Kapal dari Madura Positif COVID-19 

Nantinya, sambung Arnapi, calon penumpang yang positif COVID-19 akan dilarang melanjutkan perjalanan. Mereka akan dibawa ke Balai Diklat Bangkalan untuk penanganan lebih lanjut, seperti tes swab PCR.

"Bagi penumpang yang positif akan dilakukan langkah lanjutan sesuai koordinasi dengan Kapuskesmas Socah dan Satgas COVID-19 Bangkalan yakni diarahkan ke Balai Diklat Bangkalan," kata Arnapi.

3. Yang negatif diberi stiker dan dipersilakan ke Surabaya

Empat Calon Penumpang Kapal dari Madura Positif COVID-19 Ditpolairud Polda Jatim gelar swab antigen bagi calon penumpang kapal dari Bangkalan ke Surabaya. Dok. Istimewa.

Sedangkan bagi calon penumpang yang negatif, akan diberikan stiker sebagai tanda pengenal. Mereka pun dipersilakan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ujung Perak Surabaya.

"Selanjutnya diberi pengenal berupa setiker kecil warna kuning bertuliskan telah diperiksa Polres Bangkalan," pungkas Arnapi.

Baca Juga: 136 Pasien Suramadu Dirujuk ke RSLI, 25 Diduga COVID-19 Varian Baru

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya