Emak-emak Jatim Puas dengan Khofifah-Emil Dibanding Jokowi-Ma'ruf

Jatim dianggap lebih baik dipimpin Khofifah-Emil

Surabaya, IDN Times - Hasil survei yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) menyebut, tingkat kepuasan emak-emak di Jawa Timur (Jatim) terhadap kinerja Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak tinggi. Bahkan, lebih tinggi dibanding Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

1. Sebesar 71,2 persen emak-emak puas dengan Khofifah-Emil, 66,8 persen puas dengan Jokowi-Ma'ruf

Emak-emak Jatim Puas dengan Khofifah-Emil Dibanding Jokowi-Ma'rufKepuasan dan perkembangan kinerja Jokowi-Maruf menurut emak-emak Jatim. Dok. Survei SSC.

Berdasarkan data milik SSC, kepuasan terhadap kinerja Khofifah-Emil sebesar 71,2 persen. Nah, dari keseluruhan responden hanya 5,7 persen yang tidak puas. Sedangkan, sebesar 8,4 persen menyatakan kurang puas dan sisanya yang 4,7 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Sementara, kepuasan emak-emak terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin menunjukkan hanya mencapai angka 66,8 persen dan 3 persen dari mereka menyatakan tidak puas. Sisanya, 25,6 persen responden menyatakan kurang puas, dan 4,6 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

"Hasilnya jelas, emak-emak lebih puas dengan kepemimpinan Khofifah-Emil jika dibandingkan dengan kepemimpinan nasional," ujar Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga: Baliho Puan Gak Ngefek di Mata Emak-emak Jatim  

2. Jatim dianggap lebih baik dipimpin Khofifah-Emil

Emak-emak Jatim Puas dengan Khofifah-Emil Dibanding Jokowi-Ma'rufKepuasan dan perkembangan Jatim di mata emak-emak. Dok. Survei SSC.

Lebih lanjut, Iksan mengungkapkan, perkembangan Jatim selama dipimpin Khofifah-Emil di mata emak-emak menunjukkan 56,3 persen responden menyatakan kondisi Jatim semakin baik. Sisanya 34,5 persen responden menyatakan sama saja, 7,6 persen menyatakan semakin buruk.

"Sisanya memilih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab yakni sebanyak 1,6 persen," kata dia.

Sementara emak-emak berpendapat berbeda ketika ditanya, perkembangan Indonesia selama kepemimpinan JokDari data yang dihasilkan, menunjukkan sebesar 52 persen emak-emak menyatakan kondisi Indonesia semakin baik.

Kemudian, sebesar 39,3 persen emak-emak Jatim menyatakan kondisi Indonesia dalam berbagai bidang sama saja dibanding pemerintahan sebelumnya. Sementara yang menyatakan kondisi Indonesia semakin buruk hanya 4 persen, sisanya yang 4,4 persen memilih menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

3. Survei dilakukan 1-10 Februari 2022 dengan 1.070 responden perempuan

Emak-emak Jatim Puas dengan Khofifah-Emil Dibanding Jokowi-Ma'ruf

Sebagai informasi, survei yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Februari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden perempuan dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Baca Juga: Survei Elektabilitas Pilkada Jatim, Khofifah Masih Tertinggi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya