Diminta Ajarkan Agama, Ustaz Ini Malah Bawa Sabu ke Lapas

Si ustaz juga positif

Banyuwangi, IDN Times - Petugas Lapas Banyuwangi menangkap basah seorang Ustaz berinisial MS yang diduga hendak menyelundupkan narkoba jenis sabu ke penjara pada Rabu (21/6/2023). Barang haram itu disimpan MS di dompet kecil berisi STNK yang dikaitkan pada kunci mobil.

1. Ustaz ditunjuk untuk ajarkan agama

Diminta Ajarkan Agama, Ustaz Ini Malah Bawa Sabu ke LapasPetugas Lapas Banyuwangi menangkap basah seorang Ustaz berinisial MS yang diduga hendak menyelundupkan narkoba jenis sabu ke penjara pada Rabu (21/6/2023). Dok. Kemenkumham Jatim

Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari menjelaskan bahwa MS ditunjuk oleh salah satu pondok pesantren di daerah Glenmore, Banyuwangi. Ponpes tersebut menjadi salah satu organisasi yang bekerjasama dengan Lapas Banyuwangi dalam bidang pembinaan kerohaniaan warga binaan.

"MS ini baru tiga kali mengajar pembinaan kerohanian di Masjid Lapas Banyuwangi, mengajar setiap hari Rabu," ujar Imam.

Baca Juga: 1001 Modus Penyelundupan Narkoba di Penjara

2. Petugas mendapati sabu saat pemeriksaan badan ustaz sebelum masuk lapas

Diminta Ajarkan Agama, Ustaz Ini Malah Bawa Sabu ke LapasNarkoba yang dibawa ustaz diselipkan di dompet tempat STNK. Dok. Kemenkumham Jatim.

Petugas mendapati barang tersebut pada saat melakukan penggeledahan badan. Hal ini, lanjut Imam, menunjukkan bahwa jajaran kami tidak pandang bulu dalam penegakan SOP kunjungan ke dalam lapas.

"Kami tentu sangat mengapresiasi jajaran yang tegak lurus, memberikan pelayanan yang sama sesuai SOP yang berlaku kepada siapapun yang berkunjung ke lapas," kata dia.

3. Petugas sudah curiga dengan gelagat ustaz

Diminta Ajarkan Agama, Ustaz Ini Malah Bawa Sabu ke LapasPetugas Lapas Banyuwangi menangkap basah seorang Ustaz berinisial MS yang diduga hendak menyelundupkan narkoba jenis sabu ke penjara pada Rabu (21/6/2023). Dok. Kemenkumham Jatim.

Sementara itu, Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan, petugas sebenarnya sudah curiga dengan gelagat MS sejak sepekan sebelumnya. Saat itu, MS meminta petugas kesehatan lapas untuk memeriksa tekanan darahnya.

"Dari gelagatnya, petugas kesehatan kami curiga kalau MS ini seperti orang yang menyalahgunakan narkoba," terang Wahyu.

Namun, karena tidak cukup bukti, petugas tidak melakukan penangkapan pada saat itu. "Saat ada momentum dia masuk lagi ke lapas, kami lakukan penggeledahan secara menyeluruh dan akhirnya ditemukan satu paket kristal putih dalam bungkusan plastik klip di gantungan kunci mobilnya," urai Wahyu.

4. Ustaz positif narkoba, sudah diserahkan ke Polresta Banyuwangi

Diminta Ajarkan Agama, Ustaz Ini Malah Bawa Sabu ke Lapasilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Petugas curiga terhadap benda yang menonjol pada dompet tersebut. Benar saja, pada saat dibuka ternyata ditemukan satu klip berisi serbuk kristal yang berada di bawah STNK. "Saat dilakukan tes urin, hasil tes urin MS menunjukkan hasil positif metamfetamin dan yang bersangkutan mengaku mengkonsumsi narkoba tadi malam di kediamannya," lanjut Wahyu.

Dari pengakuannya, MS mengaku bahwa barang itu digunakan untuk konsumsi pribadi. Dan tidak ada niatan untuk diselundupkan ke dalam Lapas. "Atas temuan itu, petugas lantas melakukan koordinasi dengan Satreskoba Polresta Banyuwangi untuk membantu melakukan pengembangan," tutur Wahyu.

Baca Juga: Tak Terima Vonis 4 Tahun Penjara, Pasutri Bekas Bupati Ini Ajukan PK

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya