Di Unair, Ganjar Dipanggil Tugiman

Udah jadi idola mahaiswa sini nih pak?

Surabaya, IDN Times - Pesona Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo sudah masuk ke kampus di Surabaya. Hal itu tampak ketika Ganjar hadir di acara penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Airlangga (Unair). Ribuan mahasiswa langsung meneriakkan nama bekennya. Tak mau kalah, Ketua BEM Unair turut melontarkan sejuta pujian.

1. Ganjar dipanggil Tugiman oleh mahasiswa Unair

Di Unair, Ganjar Dipanggil TugimanGubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mengisi acara di Unair, Surabaya. Dok. Humas Pemprov Jatim..

Momen Ganjar diteriakki nama beken 'Tugiman' itu ketika dia memasuki gedung Airlangga Convention Center, Sabtu (27/8/2022). Bukan berteriak memanggil nama asli Ganjar, mereka justru kompak memanggil nama beken Ganjar. "Tugiman... Tugiman... Tugiman...," teriak mereka serempak. Tugiman merupakan nama panggilan Ganjar usai videonya bersama dua anak kecil viral di TikTok.

Teriakan Tugiman kembali menggema ketika Ganjar mendekat dan menyalami mahasiswa. "Pak Tugiman, Pak Tugiman. Pak Foto pak, salaman pak," teriak ribuan mahasiswa baru Unair itu menyambut Ganjar. Ganjar hanya tertawa dengan panggilan Pak Tugiman itu.

Baca Juga: Relawan Ganjar di Surabaya Siapkan Strategi Kampanye Udara 

2. Ganjar disebut cocok dengan Khofifah

Di Unair, Ganjar Dipanggil TugimanMaba Unair saat siratkan pesan Ganjar-Khofifah. Dok. Pemprov Jatim.

Suasana penutupan PKKMB Unair itu berlangsung meriah. Ganjar bersama pembicara lain yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa juga mengajak 8.275 mahasiswa baru Unair itu ambyar bareng menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' karya Abah Lala. Lagu ini memang sedang digandrungi masyarakat hampir semua kalangan saat ini.

Merujuk pada lagu tersebut, Ketua BEM Unair Yoga Haryo Prayogo menyebut Ganjar dan Khofifah layak untuk disandingkan. Kedua figur ini masih mengemban amanah di wilayah masing-masing. "Kini adalah era mengkedepankan kolaborasi, bukan kompetisi. Pak Ganjar dan Bu Khofifah tentu ndak bisa dibanding-bandingke, tapi cocoknya disandingke,” cetusnya.

3. Penilaian kinerja Ganjar dan Khofifah

Di Unair, Ganjar Dipanggil TugimanReaksi mahasiswa baru Unair saat mendengarkan sesi materi dari Ganjar Pranowo. Dok. Pemprov Jatim.

Yoga bependapat kalau keduanya inspiratif dan berprestasi. Ganjar adalah contoh pemimpin yang sukses dalam menerapkan reformasi birokrasi. "Langkah strategis yang beliau ambil terbukti berhasil dalam menciptakan layanan masyarakat di Jawa Tengah yang cepat, mudah dan murah sesuai dengan tagline beliau 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi'. Kita tahu bahwa Jawa Tengah pernah jadi provinsi yang indeks antikorupsinya paling tinggi menurut KPK," tutur Yoga.

Menurut Yoga, Ganjar adalah sosok yang humble. Sehingga tidak ada kesan berjarak dengan masyarakat. “Pak Ganjar ini juga sosok yang rendah hati. Saya sering bertanya kepada kolega saya sesama ketua BEM dari kampus-kampus lain yang sudah duluan didatangi Pak Ganjar, dan semuanya sepakat kalau Pak Ganjar ini ramah dan humble," dia mrnambahkan.

Sementara Khofifah, disebut punya program TisTas Gubernur Khofifah. Program ini diklaim Yoga bikin pendidikan di Jatim lebih terjangkau dan berkualitas. “Bu Khofifah adalah contoh pemimpin yang peduli dengan generasi penerus bangsa. Program TisTas yang menggratiskan biaya SPP SMA dan SMK di Jawa Timur patut diacungi jempol. Bisa menjadi inspirasi untuk para kepala daerah, dan pembuat kebijakan di berbagai sektor," ucap Yoga.

4. Ganjar beri pesan khusus ke maba Unair

Di Unair, Ganjar Dipanggil TugimanGubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mengisi acara di Unair, Surabaya. Dok. Istimewa.

Ganjar sendiri tak banyak menanggapi sapaan hingga pujian dari mahasiswa. Dia fokus memberikan materi sesuai kapastisnya sebagai pembicara. Dia juga memanggil beberapa mahasiswa untuk berdialog bersama. "Saya melihat semangat anak-anak muda ini hebat. Mudah-mudahan kawan-kawan yang sudah tidak mudah masuk ke Unair karena memang saingan sangat ketat, mereka bisa memanfaatkan kampus ini untuk mengembangkan diri menggapai cita-cita," kata Ganjar.

"Juga saya sampaikan, apapun hasil mereka bisa di sini, itu ada pengorbanan orang tua. Maka kamu harus hormat betul, minta restu orang tua dan selalu minta doa mereka. "Maka mahasiswa harus mengoptimalkan betul potensi yang ada, dengan kolaborasi bersama, didampingi dosen-dosen yang hebat ini. Saya harap kampus bisa memberikan talent scouting mencari bakat anak-anak hebat ini agar bisa optimal," pungkasnya.

Baca Juga: Setelah Ganjar dan Cak Imin, Muncul Relawan Prabowo di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya