Dear Kapolda Jatim yang Baru, NU Ingatkan Kemanusiaan di Kanjuruhan!

Ini permintaan kiai, ya Ndan!

Surabaya, IDN Times - Irjen Pol Toni Harmanto akhirnya dilantik sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim), Selasa (18/10/2022). Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar pun menitipkan pesan. Salah satu yang utama ialah pengusutan tragedi Kanjuruhan.

1. Ingatkan soal kemanusiaan

Dear Kapolda Jatim yang Baru, NU Ingatkan Kemanusiaan di Kanjuruhan!Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar saat berada di Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Kiai Marzuki mengingatkan, segala persoalan yang muncul di masyarakat harus menjadi perhatian serius aparat negara. Nah, dia menekankan kalau semua problema itu harus diutamakan pada dimensi kemanusiaannya.

"Kami sebagai pribadi dan juga sebagai NU mempersilakan, mempercayakan kebijakan-kebijakan di Polri dan lembaga-lembaga negara lainnya, kami serahkan kepada mereka. Kami yakin mereka ambil keputusan yang terbaik," ujarnya, Selasa (18/10/2022).

2. Kanjuruhan jadi sorotan

Dear Kapolda Jatim yang Baru, NU Ingatkan Kemanusiaan di Kanjuruhan!Aparat keamanan berusaha menghalau suporter yang masuk ke lapangan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10/2022). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Lebih lanjut, Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang ini menyampaikan, prinsip kemanusiaan ini juga harus ditegakkan dalam tragedi Kanjuruhan. "Kami pada prinsipnya sama dengan kalangan yang lain, kami lewat video yang kami sebarkan, satu utamakan masalah kemanusiaan," tegasnya.

"Mohon-mohon siapapun jangan memanaskan suasana dari pihak manapun. Beri kesempatan setenang-tenangnya bagi para tenaga kesehatan khususnya untuk upaya maksimal ikhtiar menyembuhkan para korban," Kiai Marzuki menambahkan.

Baca Juga: Sertijab Kapolda Jatim Irjen Teddy Mestinya Pekan Depan 

3. Segera beri masukkan

Dear Kapolda Jatim yang Baru, NU Ingatkan Kemanusiaan di Kanjuruhan!Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta bersama Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar dan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. IDN Times/Alfi Ramadana

Ke depan, Kiai Marzuki berniat memberikan masukkan secara langsung kepada Kapolda Jatim yang baru jika sudah bertemu secara langsung. Dia pengin tahu visi misinya untuk mengayomi wara Jatim.

"Kalau nanti sudah berkunjung ke PWNU Jawa Timur menyampaikan, lalu ada hal-hal baik yang lama kiraya kelewatan atau terlewat dari kebijakannya  ya kita ingatkan," tuturnya.

Baca Juga: Besaran Gaji Kapolda Jatim Beserta Tunjangannya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya