Capaian Vaksinasi PMK Jatim Tertinggi Nasional

Lampaui provinsi lain

Surabaya, IDN Times - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Timur (Jatim) terus digeber. Hingga 3 Agustus 2023, ada sebanyak 6.157.914 dosis vaksin telah dimanfaatkan hewan ternak di Jatim. Pemanfaatan ini menjadi yang tertinggi nasional dibanding provinsi lain.

Untuk provinsi lain yang pemanfaatannya juga tinggi namun di bawah Jatim ialah, Jawa Tengah (Jateng) dengan capaian 2.014.593 dosis, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan 1.879.096 dosis, lalu Bali 1.098.642 dosis dan Lampung dengan capaian 948.064 dosis, Sulawesi Selatan 350.119 dosis.

"Capaian vaksin PMK Jatim ini secara keseluruhan dari tahun 2022 sampai 2023 juga berkontribusi 36 persen pada capaian vaksinasi PMK Nasional," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (7/8/2023).

Mantan Menteri Sosial ini menambahkan, dalam penanganan PMK, pihaknya juga melibatkan banyak pihak di Jatim. Seperti Tenaga Kesehatan (Nakes) Hewan baik dokter hewan maupun paramedik veteriner. "Kami juga melibatkan ratusan dokter hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI)," ucapnya.

Pemprov Jatim juga bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Peternakan dan PDHI untuk melatih para nakes dari unsur TNI dan polisi. Selain itu, juga melibatkan ratusan dokter muda dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Universitas Wijaya Kusuma. 

"Dengan jumlah SDM yang begitu besar maka tidak salah kalau Jatim berhasil menempati posisi teratas pada capaian vaksinasi PMK," katanya.

Khofifah menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi yang harus terus dibangun dengan semua pihak. Karena masalah apapun akan dapat diselesaikan ketika semua pihak bergandengan tangan melakukan percepatan dalam menuntaskan permasalahan tersebut.

"Memang kolaborasi, sinergi, strong partnership harus terus dibangun diantara semua stakeholder, ini adalah kunci," pungkasnya. 

Baca Juga: PMK Mengganas, 10 Hari 12 Ekor Sapi di Tuban Mati 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya