Calon Kuat Pendamping Prabowo, Tokoh Jatim dari Nahdliyin

Skema Prabowo-Ganjar tak ada!

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, M. Irfan Yusuf Hasyim alias Gus Irfan membenarkan kalau saat ini mengerucut dua nama pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Dia tak menampik salah satu nama itu merupakan tokoh di Jawa Timur (Jatim).

Namun, Gus Irfan enggan menyebut secara spesifik dua nama yang sudah dikantongi oleh Prabowo. "Nantilah kita tunggu perkembangannya kurang etis kalau saya sebut nama," ujarnya usai pertemuan Prabowo dengan kiai Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (28/9/2023).

Saat ditanya figur yang akan mendampingi Prabowo, Gus Irfan membenarkan kalau dari kalangan nahdliyin. Tak hanya itu saja, dia pun membenarkan tokoh Jatim. "Usulan ada dari kiai karena yang minta kiai pasti dari nahdliyin juga. (Tokoh Jatim?) Ada. (Berapa tokoh?) Ada lah," tegas dia.

Ketika ditegaskan nama Khofifah Indar Parawansa, Gus Irfan tidak terpancing untuk menyebut nama. Dia menegaskan kalau memang ada tokoh dari Jatim yang menjadi opsi pendamping Prabowo. 

"Jawa Timur ada, yang jelas Jatim ada," imbuhnya menegaskan.

Sementara terkait skema Prabowo - Ganjar, Gus Irfan menyampaikan kalau dalam pembahasan bersama kiai dan internal Gerindra tidak pernah ada. Namun ia mengingatkan bahwa di dalam politik semua kemungkinan itu dapat terjadi. Karena dinamis.

"Kebetulan tadi (bersama kiai) tidak ada pembicaraan itu, dan di internal Gerindra tidak pernah dibicarakan itu," beber Irfan. "(Tapi) di politik tidak ada tertutup, semua terbuka, tinggal terbuka lebar apa terbuka setengah lebar atau seperempat lebar tergantung situasi," pungkas dia.

Baca Juga: Prabowo Ketemu Kiai di Jatim, Nama Khofifah Tinggal Tunggu Restu?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya