BPBD Nyatakan Karhutla Gunung Penanggungan Padam

Petugas tetap siaga!

Mojokerto, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) memastikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Gunung Penanggungan telah tertangani. Bahkan saat ini sudah dinyatakan padam.

Kepastian itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Gatot Soebroto kepada IDN Times, Minggu (5/11/2023). Ia menyampaikan kalau seluruh petugas dan relawan sudah bekerja keras untuk melakukan pemadaman karhutla Gunung Penanggungan.

"Jumat (3/11/2023) pagi sudah tidak ditemukan api, tetapi pada jumat petang ada muncul api kembali dan langsung direspons tim darat," ujarnya.

Tim darat, kata Gatot, langsung melakukan penyisiran sekaligus pemadaman titik api tersebut. Alhasil, si jago merah dapat dijinakkan pada Sabtu (4/11/2023) pagi.

"Alhamdulillah pada Sabtu subuh sudah dapat dipadamkan," kata dia.

Nah, untuk kondisi terkini, Gatot memastikan bahwa tidak ada lagi temuan titik api. Kendati begitu, pihaknya tetap siaga. Karena jika ada temuan kecil langsung dipadamkan agar tidak membesar dan merembet ke area terjal.

"Hingga hari ini tidak ditemukan titik api baru dan kita berharap sudah tidak muncul lagi kebakaran. Untuk menghindari hal tersebut tim kemarin terus melakukan penyisiran terhadap bara api yang kemungkinan ditemukan," pungkasnya.

Sebelumnya, Gunung Penanggungan dilaporkan mengalami kebakaran pada Kamis (2/11/2023). Pantauan IDN Times, Karhutla di Penanggungan bahkan terlihat di daerah Sedati, Sidoarjo yang jaraknya lebih dari 30 kilometer.

Baca Juga: Ada 22 Titik Api Karhutla Gunung Penanggungan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya