Bonek Desak FIFA Bersuara untuk Palestina di Piala Dunia U-17

FIFA harus kampanyekan stop perang di Israel dan Palestina

Surabaya, IDN Times - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek yang ikut berbaur dengan ribuan massa Aksi Bela Palestina mendesak federasi sepak bola dunia (FIFA) untuk bersuara atas Palestina.

Desakan itu disampaikan oleh perwakilan Bonek, Alex saat orasi di atas panggung di depan Grahadi, Minggu (12/11/2023).

Diketahui, warga Palestina di Gaza saat ini terdampak perang antara Israel dengan Hamas. Dari perang tersebut, Israel membordir fasilitas umum mulai dari rumah sakit, sekolah hingga pengungsian. Menurut Bonek, hal ini merupakan kejahatan perang.

"Maka kami tuntut FIFA kampanyekan stop perang di Israel dan Palestina," tegas Alex.

Menurut Alex, FIFA seharusnya tidak melakukan standar ganda. Karena sewaktu Ukraina dan Rusia berkonflik, FIFA juga bersuara pada saat gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Seperti dilakukan di Piala Dunia 2022. Saat Ukraina-Rusia berperang mereka bersuara," kata Alex.

Namun saat Palestina digempur oleh Israel. Bahkan banyak korban dari anak-anak dan perempuan, Alex menyebut kalau FIFA hanya diam saja. Maka, ia mendesak kampanye yang sama seperti 2022 digaungkan lewat Piala Dunia U-17 di Indonesia.

"Saat ini Piala Dunia U-17 di indonesia. Ini harus jadi mimbar internasional selamatkan Gaza Palestina," ajaknya.

Diketahui, Aksi Bela Palestina diikuti ribuan massa. Mereka datang sejak pukul 05.30 WIB, di Jalan Gubernur Suryo tepatnya depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Massa aksi kompak memakai pakaian serba putih dengan membawa atribut mulai dari bendera, stiker dan poster Palestina.

Baca Juga: Bonek Ikut Aksi Bela Palestina, Lelang Jersey untuk Donasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya