Angin Puting Beliung Landa Tuban, Kandang Ayam Rusak

Dipastikan tak ada korban jiwa

Tuban, IDN Times - Angin puting beliung terjadi di kawasan Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban pada Sabtu (4/11/2023). Fenomena yang viral di media sosial ini membuat rusak atap kandang ayam di sana.

Angin puting beliung pertama kali diketahui warga setelah melihat kumpulan awan gelap disertai angin kencang di lahan milik sebuah perusahaan semen di wilayah tersebut. 

"Atap kandang yang rusak ini milik kelompok usaha binaan Perusahaan swasta. Memang awalnya itu hujan, sudah dua hari ini memang wilayah Tuban ini (sering) hujan," ujar Kepala BPBD Tuban Sudarmadji tertulis, Senin (6/11/2023).

Sudarmadji menyampaikan, tidak ada korban jiwa dari kejadian ini sebab angin puting beliung tidak mengenai pemukiman warga. Namun, kerugian akibat kerusakan atap kandang hewan ternak berupa sapi, kambing, dan bebek tersebut ditaksir mencapai Rp25 juta. 

"Tidak ada pemukiman warga yang kena terjangan angin. Jadi angin itu setelah menerjang kandang sudah berubah arah sebelum mengenai rumah warga," katanya. 

Sudarmadji mengimbau warga untuk tetap waspada serta mengingatkan perangkat daerah menghadapi fenomena ini. “Saya mengimbau warga agar tetap waspada," kata dia. 

"Mengingat saat ini wilayah Tuban sudah memasuki musim pancaroba atau masa di mana terjadi transisi atau pergantian antara dua musim, yakni musim kemarau menuju musim penghujan,” pungkas dia.

Baca Juga: Mantan Wakil Bupati Tuban Diperiksa Kejari

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya