Comscore Tracker

Anggota Pramuka Bikin Video #2019GantiPresiden, Gus Ipul Protes Keras

Jika terjadi di Jatim, Gus Ipul ancam pembekuan

Surabaya, IDN Times - Beredar video viral gerakan #2019GantiPresiden yang melibatkan beberapa anggota Pramuka. Dengan atribut lengkap Pramuka, mereka berteriak mengajak ganti Presiden. Aksi tersebut pun mendapatkan protes keras dari Kwarda Pramuka Jatim. Bahkan, Ketua Kwarda Jatim, Saifullah Yusuf menyangkan aksi tersebut.

1. Kwarda Jatim melaporkan aksi ke Kwarnas

Anggota Pramuka Bikin Video #2019GantiPresiden, Gus Ipul Protes KerasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengaku prihatin karena tak seharusnya anak Pramuka masuk arus politik praktis. Pihaknya pun langsung melaporkan ke Kwarnas Pramuka agar cepat diambil langkah hukumnya. "Agar tidak liar, agar tidak ditiru Gudep (Gugus Depan) lain. Nanti bisa menimbulkan pernyataan yang berbeda antar Gudep lain," ujarnya ditemui di Kantor Kwarda Jatim, Senin (15/10).

Baca Juga: Lagi, Gus Ipul Tak Hadiri Upacara yang Dipimpin Soekarwo

2. Gus Ipul ancam pembekuan

Anggota Pramuka Bikin Video #2019GantiPresiden, Gus Ipul Protes KerasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Saat ditanya di mana lokasi video tersebut, Gus Ipul menjawab belum mengetahuinya. Jika terjadi di Jatim, dia mengaku tidak akan segan memberi sanksi. "Kami akan membekukan nomor Gudepnya. Karena belum tahu di mana, bisa jadi di luar Jatim maka kami minta Kwarnas agar ditindaklanjuti," tegas pria yang juga Wakil Gubernur Jatim ini.

3. Anggota yang melakukan diduga masih berusia 11-15 tahun

Anggota Pramuka Bikin Video #2019GantiPresiden, Gus Ipul Protes KerasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Ipul juga menyayangkan aksi tersebut, pasalnya di dalam video adalah anak berusia belasan tahun. Dia menduga usia mereka baru 11-15 tahun dan belum memiliki hak pilih. "Kalau punya hak pilih gak boleh. Soalnya pakai atribut Pramuka. Kami harap pembuat video bertanggungjawab dan minta maaf," pungkasnya.

Baca Juga: Tagar 2019 Ganti Presiden Ramai di Media Sosial, Ini Pendapat Para Politisi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya