Anggaran Sudah Siap, Draf PSBB Surabaya Segera Diajukan ke Menkes

Malam ini rapat maraton di Grahadi

Surabaya, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim) mematangkan rencana pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), malam ini, Minggu (19/4). Draf pengajuan dirapatkan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Secara umum, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik siap untuk menerapkan PSBB.

1. Termasuk di dalam anggaran Rp2,384 triliun yang disiapkan untuk penanganan COVID-19

Anggaran Sudah Siap, Draf PSBB Surabaya Segera Diajukan ke MenkesIlustrasi penyemprotan kendaraan di Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Khofifah mengatakan, anggaran untuk penanganan COVID-19 di Jatim sebesar Rp2,384 triliun. Sebagian dari uang tersebut akan dipakai untuk kebutuhan PSBB Surabaya Raya. Hanya saja, Khofifah belum bisa merinci secara pasti, berapa dana yang dialokasikan untuk PSBB.

"Tim (tiga daerah di Surabaya Raya) yang mewakili akan mendetailkan (anggaran kebutuhan PSBB) kembali," kata Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (19/4).

2. Matangkan surat dan Pergub, minta siapkan Perwali dan Perbup juga

Anggaran Sudah Siap, Draf PSBB Surabaya Segera Diajukan ke MenkesGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menggelar konferensi pers di gedung Grahadi, Sabtu (18/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Perincian tersebut rencananya dibahas malam ini pukul 20.00 WIB bersama gugus tugas dari tiga daerah tersebut. Dalam rapat akan dibahas mengenai draf surat pengajuan dan Peraturan Gubernur (Pergub). Tak hanya itu, Khofifah meminta kota/kabupaten menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) dan Peraturan Bupati (Perbup).

"Kalau (pengajuan) disetujui (Menkes) butuh sosialisasi tiga hari. Kalau sebaliknya (belum disiapkan) akan lama sekali (penerapannya)," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Positif COVID-19 Jatim Hampir Tembus 600 Kasus

3. Ada dua usulan yang akan dilayangkan ke Menkes soal PSBB

Anggaran Sudah Siap, Draf PSBB Surabaya Segera Diajukan ke MenkesIlustrasi virus corona. pixabay.com/illustrations

Skema pengajuan PSBB ke Menkes rencananya juga tidak satu saja, melainkan ada dua usulan. Pertama mengajukan PSBB Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Kedua, pengajuan PSBB Surabaya Raya yaitu Surabaya, serta sebagian Gresik dan sebagian Sidoarjo.

"Bagi kecamaan yang terdampak, tapi tentu ini masih draf. Malam ini akan dibahas," ucapnya.

4. Pengamanan PSBB diserahkan kepada TNI dan Polri

Anggaran Sudah Siap, Draf PSBB Surabaya Segera Diajukan ke MenkesIDN Times/Arief Rahmat

Terkait pengamanan, Menteri Sosial Kabinet Indonesia Kerja ini belum bisa bicara lebih jauh. Dia masih menunggu usulan dari Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya. Kedua instansi itu juga akan turut serta dalam rapat persiapan PSBB Surabaya Raya.

"Kaitan dengan keamanan dan personel tunggulah malam ini biar klir, karena memang yang membutuhkan koordinasi teknis adalah Polri dan TNI, untuk bisa memaksimalkan PSBB ini," katanya.

Baca Juga: Khofifah Panggil Tiga Kepala Daerah, Sepakat PSBB Surabaya Raya 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya