AMIN Ditarget Menang 60 Persen di Jatim, Ini Suara 3 Parpol

Masih jauh dari target sih!

Surabaya, IDN Times - Partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan dan Muhaimim Iskandar di Pemilihan Presiden (Piplres) 2024 berani memasang target menang 60 persen di Jawa Timur (Jatim). Namun jika melihat perolehan suara PKB, Nasdem dan PKS pada Pileg 2019 lalu, target tersebut masih jauh.

Berdasarkan data KPU pada Pileg 2019 di Dapil Jatim, jumlah total perolehan suara ketiga parpol mencapai 7.251.760 suara. Sementara Berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jatim mencapai 31.402.838. Jika dihitung 60 persen dari DPT, maka Koalisi Perubahan untuk Persatuan menyasar 18.841.702 suara.

Kendati demikian, Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi optimitis dapat memenuhi target yang dipatok. "60 persen itu diperoleh dari mana? Tentu saja karena kami punya ceruk dan kami berikan prioritas memastikan pemilih-pemilih yang tadinya masih ragu-ragu menjadi mantab, kemudian yang mantab menjadi semakin yakin," tegasnya.

Fauzan juga tidak menepis kalau pasangan AMIN masih mengincar suara nahdliyin utamanya di Jatim. Fauzan pun meyakini suara nahdliyin akan merapat ke bakal paslon yang mejadi gaconya.

"Jawa Timur itu kandangnya NU, kami akan bertemu dengan pemilih-pemilih nadhliyin yang akan kita ajak beri sosialisasi dan pemahaman," katanya.

Kendati demikian, Fauzan menyatakan bahwa sumbangan suara dari kategori pemilih di luar Nahdliyin juga tetap diincar. "Semuanya kita rangkul," tambah Fauzan.

Sementara itu, peneliti dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt mengatakan, Koalisi Perubahan untuk Persatuan khususnya PKB harus kerja keras untuk mengejar target 60 persen menang di Jatim. Berdasarkan temuan ARCI, saat ini elektabilitas Bacapres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo kuat di Jatim.

"Tentu pekerjaan rumah berat bagi PKB untuk membelokkan suara pemilihnya ke Anies. Suara partai tidak selamanya linier dengan capres. Karena capres, mayoritas yang dilihat figur, bukan partainya. Tapi yang pasti ada dampak dari elektoral partai ke capres, meskipun saya kira tidak terlalu signifikan," kata Baihaki.

Baca Juga: Anies Masih Berharap Demokrat Kembali Bersama

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya