Comscore Tracker

Al-Akbar Tetap Gelar Salat Id, Berikut Tips Lengkapnya!

MAS hanya menyediakan 15 persen dari kapasitas masjid

Surabaya, IDN Times - Kepala Humas Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), Helmy M. Noor memastikan bahwa salat Idul Fitri di masjid terbesar kedua nasional tetap diselenggarakan. Pihaknya mengacu pada aturan terbaru zonasi disesuaikan dengan PPKM Mikro atau tiap kelurahan. Apabila kelurahan zona hijau dan kuning diizinkan.

"Inggih, sesuai SE Gubernur dan SE Wali Kota Surabaya, MAS menyelenggarakan salat Idul Fitri," ujarnya saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Beberapa aturan ketat juga telah dimatangkan MAS dalam pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini, salah satunya kuota. MAS hanya menyediakan 15 persen dari kapasitas masjid ditandai dengan ID CARD bagi yang sudah mendaftar. Helmy menyebut kuota sudah terpenuhi sejak 4 Mei 2021.

"Bagi para jemaah tidak memiliki ID Card, kami sampaikan permohonan maaf dikarenakan masih belum bisa mengikuti Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya," katanya.

1. Persiapan di rumah

Al-Akbar Tetap Gelar Salat Id, Berikut Tips Lengkapnya!Persiapan Salat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya. Dok. Humas MAS.

Helmy juga membagikan tips pelaksanaan Salat Idul Fitri di MAS. Dia menyarankan calon jemaah salat bersiap mulai pukul 03.30-04.45 WIB. Mulai dari membangunkan seluruh anggota keluarga, mandi sunnah Idul Fitri, menggunakan pakain terbaik serta parfum.

"Laksanakan Salat Subuh berjamaah dulu. Kemudian disunahkan sarapan lebih dulu sebagai pembeda antara puasa ramadhan dan Idul Fitri," katanya.

Lebih lanjut, sekitar pukul 04.45-05.00 WIB mulai berangkat menuju MAS. Helmy merekomendasikan agar sudah berwudlu sejak dari rumah. Ia juga mengingatkan untuk membawa sajadah sendiri dan kantong atau kresek untuk menaruh alas laki.

"Pastikan ID Card jemaah salat Idul Fitri MAS sudah dipakai," ucap dia.

Yang tak kalah penting, gunakan Masker secara benar. Lalu siapkan Infaq  ke MAS berupa uang tunai atau cashless dan Selama dalam perjalanan hendaknya mengumandangkan Takbir.

3. Saat tiba di masjid

Al-Akbar Tetap Gelar Salat Id, Berikut Tips Lengkapnya!Persiapan Salat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya. Dok. Humas MAS.

Jemaah tiba di masjid sekitar pukul 05.00-05.45 WIB. Jika membawa motor, maka diparkir ke halaman masjid lewat pintu utara bagi jemaah perempuan dan lewat pintu timur bagi laki-laki. Tarif parkirnya Rp2 ribu. Apabila mobil, bisa diparkir di bahu jalan dan kantong parkir lain yang sudah diatur oleh Tim Dishub Surabaya dan Jatim. Tarif parkirnya sebesar Rp5 ribu.

"Jemaah perempuan masuk ke dalam area masjid melalui pintu utara, sedangkan jemaah laki-lakibmasuk melalui pintu selatan. Selain itu, untuk jemaah pria dan wanita juga bisa masuk melalui pintu timur," jelasnya.

Jemaah wajib mengenakan masker secara benar, melalui pengecekan suhu tubuh, masuk bilik sterilisasi dan mencuci tangan dengan handsanitizer/sabun dengan air yang mengalir. Shaff salat jaga jarak, sesuai ketentuan dan sudah diberi tanda.

"Alas kaki jemaah wajib dimasukkan kantong dan dibawa masuk ke dalam masjid serta ditaruh samping shaf salat," pesan Helmy.

Baca Juga: Dilema Astronaut Muslim, Bagaimana Salat dan Puasa di Luar Angkasa?

3. Ketika salat dan kutbah

Al-Akbar Tetap Gelar Salat Id, Berikut Tips Lengkapnya!Persiapan Salat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya. Dok. Humas MAS.

Salat dan kutbah akan dilaksankan pukul 06.00-06.30 WIB. Imam salat, KH Abdul Hamid Abdullah akan membacakan surat-surat pendek. Katib, KH Imam Mawardi jugw akan memperpendak durasi Kutbah Idul Fitri.

"Usai salat Idul Fitri tidak ada tradisi bersalam-salaman," tegas Helmy.

Ketika pulang, untuk menghindari terjadinya kerumunan dan kemacetan, jemaah diminta meninggalkan masjid secara bertahap. "Dimohon kepada seluruh jamaah agar bisa menjaga diri dan bersabar serta tetap mengumandangkan takbir dalam antrian keluar dari Masjid," pungkasnya.

Baca Juga: Kebijakan Berubah, Salat Idulfitri di Masjid Surabaya Diizinkan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya