Comscore Tracker

3.200 Aparat Kawal Demo Buruh di Surabaya, Ada Timsus Pemantau

Hindari arah grahadi ya gess

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) menyiapkan pengamanan jalannya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh buruh dalam menyikapi kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022, Kamis (25/11/2021). Demo ini sebagai penolakan buruh terhadap upah murah yang ditetapkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

1. Terjunkan 3.200 personel gabungan

3.200 Aparat Kawal Demo Buruh di Surabaya, Ada Timsus PemantauIlustrasi Keterbatasan Berpendapat/Orasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebanyak 3.200 personel gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP disiapkan untuk mengawal jalannya aksi demonstrasi buruh ini. Rencananya, demo ini akan diikuti oleh ribuan buruh dari Sidoarjo, Gersik, Malang, Pasuruan, Jember dan Surabaya. Para buruh yang bergabung dari berbagai organisasi tersebut dijadwalkan berkumpul di frontage road Jalan Ahmad Yani.

"Personel gabungan akan disiagakan di pintu masuk Surabaya, kawasan Industri, exit Tol dan titik-titik kumpul masa aksi, dalam rangka pengawalan dan pengamanan, agar aksi unjuk rasa tersebut dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Baca Juga: [BREAKING] Mahasiswa Terlibat Bentrok dengan Polisi saat Demo Buruh di Monas

2. Lakukan rekayasa lalu lintas dan siapkan tim khusus pemantau kelompok liar

3.200 Aparat Kawal Demo Buruh di Surabaya, Ada Timsus PemantauIlustrasi demo buruh. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Selain itu, petugas kepolisian juga akan melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak mengganggu aktivitas warga Surabaya. Warga Surabaya dimbau menghindari kawasan Gedung Negara Grahadi, karena petugas akan melakukan penutupan jalan pada lokasi demo tersebut.

"Kami menyiapkan tim khusus yang memantau kelompok - kelompok di luar buruh yang akan berdemo, nantinya kita akan pisahkan, dengan melakukan koordinasi dengan korlapnya dan pengamanan obyek vital serta patroli ke perusahaan," kata dia.

3. Imbau buruh demo secara tertib

3.200 Aparat Kawal Demo Buruh di Surabaya, Ada Timsus PemantauIlustrasi demo. IDN Times/Mardya Shakti

Tak lupa, perwira dengan tiga melati emas itu mengimbau kepada peserta demo untuk melaksanakan kegiatannya dengan tertib dan tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan masyarakat, khususnya warga Kota Pahlawan.

"Kita berharap demo yang dilakukan oleh para buruh ini bisa berjalan dengan aman dan tertib. Selain itu  diharapkan peserta demo juga tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan masyarakat Surabaya dalam beraktivitas," pungkasnya.

Baca Juga: Ada Demo Buruh, Surabaya Juga Diguyur Hujan Seharian

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya