2.448 Personel Disiagakan untuk Demo Mahasiswa Surabaya

Mahasiswa belum sampai titik demo

Surabaya, IDN Times - Ribuan aparat keamanan diterjunkan untuk mengawal aksi demonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Surabaya. Para aparat ini disiagakan di kawasan DPRD Jawa Timur (Jatim) yang menjadi titik utama aksi, Kamis (14/4/2022).

1. Terdiri dari 2.448 personel aparat gabungan

2.448 Personel Disiagakan untuk Demo Mahasiswa SurabayaIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, Kompol M Fakih menyampaikan, total ada 2.448 aparat yang disiagakan. Tak hanya dari Korps Bhayangkara, aparat juga ada dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Linmas dan Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya.

“Jumlah pam (pasukan pengamanan) seuruhnya 2.448 personel,” ujarnya.

2. Personel terbanyak dari Polda Jatim

2.448 Personel Disiagakan untuk Demo Mahasiswa SurabayaMassa mahasiswa dari kelompok cipayung plus saat berada di luar Balai Kota Surabaya. IDN Times/Khusnul Hasana.

Para petugas tersebut, kata Fakih, bertugas menjaga kondusifitas jalannya aksi demonstrasi mahasiswa. Khusus dari Polrestabes Surabaya, Fakih menyebut bahwa pihaknya menerjunkan 277 personel.

"Ada juga dari polsek jajaran 211 personel, Polda Jatim 1.560 personel, dan instansi lainya seperti TNI, Pemkot Surabaya, dan Pemprov Jatim 400 personel,” jelasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Cipayung Plus Geruduk Balai Kota Surabaya

3. Mahasiswa belum sampai lokasi, polisi dan kawat berduri sudah disiagakan

2.448 Personel Disiagakan untuk Demo Mahasiswa SurabayaPolisi berjaga di depan Gedung DPRD Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi hingga pukul 14.50 WIB, massa dari Aliansi BEM Surabaya belum sampai di kawasan DPRD Jatim. Hanya terdapat aparat yang berjaga di sekitaran gedung. Serta ada kawat berduri yang telah dipasang memanjang di depan gedung wakil rakyat ini.

Baca Juga: 3.000 Mahasiswa Surabaya Aksi Demonstrasi Hari Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya