16 Juta Orang Jatim Diprediksi Mudik, Didominasi Mobil

Mugo budal mole selamet!

Surabaya, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mulai menyiapkan penanganan arus mudik Idul Fitri. Diprediksi, ada 16 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik di Jatim.

"Pergerakan itu ada 16 juta di Jatim," ujar Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman usai rakor operasi ketupat di Mapolda Jatim, Selasa (19/4/2022).

1. Mobil penumpang diprediksi dominasi mudik tahun ini

16 Juta Orang Jatim Diprediksi Mudik, Didominasi MobilIlustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain memperkirakan jumlah pemudik di Jatim, Latief menyebut kalau pihaknya juga melakukan survei moda transportasi yang digunakan. Diprediksi mobil penumpang atau mobil pribadi akan mendominasi arus mudik kali ini. 

"Kalau kita bicara mobil penumpang, berarti perjalanan jarah jauh, yang kemungkinan dari Jakarta, Jawa Barat atau Jabodetabek," kata dia.

2. Sepeda motor juga mendapat perhatian khusus

16 Juta Orang Jatim Diprediksi Mudik, Didominasi MobilIlustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Lebih lanjut, sepeda motor juga akan menjadi kendaraan yang banyak dipakai masyarakat untuk mudik. Apalagi mudik lokal antar kota. Seperti dari Surabaya ke Lamongan. Nah, hal inilah yang akan menjadi salah satu fokus Ditlantas Polda Jatim.

"Itu yang akan jadi fokus kita, bagaimana khususnya mudik yang selamat. Kita bicara selamat dulu, bagaimana mengatur pola jalur yang ada di Jatim," ucap Latief mengungkapkan.

Baca Juga: Khofifah Larang Keras ASN Mudik Pakai Mobil Dinas 

3. Ada empat jalur utama di Jatim yang diantisipasi oleh kepolisian

16 Juta Orang Jatim Diprediksi Mudik, Didominasi MobilIlustrasi Mudik Lebaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Menyoal jalur, perwira dengan tiga melati emas ini menyebut ada empat jalur yang diantisipasi atau mendapatkan atensi ekstra. Pertama jalur pantura, kedua jalur tengah yaitu Bojonegoro, ketiga jalan tol dan keempat jalur selatan.

"Nah ini semua menuju ke angkara timur, bertumpu di Malang, Surabaya sampai ke Banyuwangi. Tetapi ingat, bahwa Surabaya ini merupakan pergerakan orang yang akan mudik kembali," kata Latief.

"Antisipasi yang kita lakukan sarana prasarana InsyaAllah jembatan Lamongan sudah bisa di lewati," pungkas dia.

Baca Juga: Pengin Mudik Gratis dari Bali ke Banyuwangi? Ini Syaratnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya