14 Kabupaten/Kota Jatim Alami Karhutla, Luasnya Capai 500 Hektare

BPBD Jatim berupaya memadamkan

Surabaya, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) mencatat ada sebanyak 54 kejadian kebakaran hutan dan lahan terbuka di 14 kabupaten/kota selama kemarau tahun ini. Luasan area yang terbakar pun mencapai 500 hektare.

"Jadi yang terbakar luasannya total dari awal musim panas, kemarau, itu 500 hektare yang ada di 14 kabupaten/kota Jawa Timur," ujar Gatot, Rabu (23/8/2023).

Dari catatan atau laporan yang direkap BPBD Jatim, titik kebakaran hutan dan lahan terbuka paling luas terjadi di dua kabupaten. Yaitu Ponorogo dan Bondowoso. Masing-masing ada delapan titik. BPBD Jatim sudah melakukan bantuan pemadaman kebakaran lahan hutan berupa gepyok.

"Kebakaran hutan dan lahan seyogyanya tupoksi dinas kehutanan, sifatnya BPBD Jatim mendukung apa yang dilakukan teman dinas kehutanan dan relawan hutan," kata Gatot.

"BPBD hadir memberi dukungan bantuan melakukan pemadaman api menggunakan gepyok. Karena titik kejadian di ketinggian yang pasti tidak bisa digunakan semprotan air dan bahan kimia lainnya yang belum kita miliki," dia melanjutkan.

Gatot menambahkan, BPBD Jatim telah meminta bantuan kepada BNPB untuk dilakukan water boombing di lahan hutan yang terbakar di Jatim. "Kalau kebakaran masif kita minta bantuan BNPB untuk water bombing," kata dia.

Gatot menyebut puncak kekeringan panjang diprediksi akan terjadi pada Oktober mendatang. "Kami imbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan. Masyarakat yang membuka lahan jangan dilakukan pembakaran lahan. Teman-teman yang melakukan kegiatan di hutan, kalau memasak pastikan api sudah padam sempurna," pungkas dia.

Baca Juga: 244 Kebakaran Lahan Terbuka Terjadi di Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya