10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-Jatim

Pendaftaran mulai 21-24 April 2022

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyediakan 10 armada bus khusus untuk Mudik Bareng Gratis dari luar provinsi. Rute yang disediakan ialah dari Jakarta ke Jawa Timur (Jatim). Sebelumnya, pemprov menyediakan mudik gratis dari Surabaya ke 15 kabupaten/ kota di wilayah Jatim.

"Alhamdulillah tahun ini Program Mudik Gratis Pemprov Jatim kembali digelar. Tidak hanya menyediakan mudik untuk 15 tujuan kabupaten kota se Jatim, tapi kita juga akan sediakan untuk rute Jakarta-Jatim. Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa tertulis, Minggu (24/4/2022).

1. Mudik Gratis dari Jakarta berangkat pada Selasa besok

10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-Jatim

Nah, bagi yang pengin ikut program Mudik Bareng Gratis dari Jakarta ke Jatim, program ini akan dilaksanakan pada Selasa (26/4/2022. Titik keberangkatan dari Masjid Agung At-Tin, Jl. Taman Mini 1 Nomor 3, Jakarta. Sebanyak 10 bus yang disediakan, ditaksir bisa menampung 400 pemudik.

"Namun jumlah itu bisa bertambah seiring dengan antusiasme pendaftar," kata dia.

Baca Juga: 47 Persen Pemudik Jatim Bermobil, Pemprov Optimalkan Tol 

2. Rute tersedia dari Jakarta ke beberapa kabupaten/ kota di Jatim

10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-JatimIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Untuk detail rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan meliputi rute Jakarta-Pacitan disediakan dua bus, kemudian Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi disediakan satu bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk disediakan satu bus, Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro disediakan satu bus.

Lebih lanjut, tujuan Jakarta-Tulungagung-Kediri-Blitar disediakan sebanyak satu bus, Jakarta-Surabaya-Madura disediakan dua bus, Jakarta-Malang disediakan satu bus, dan Jakarta-Jember-Pasuruan-Probolinggo disediakan satu bus.

3. Pendaftaran terakhir hari ini, bisa offline maupun online

10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-Jatim

Proses pendaftaran program Mudik Bareng Gratis tahun ini dilakukan mulai tanggal 21-24 April 2022. Pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara online dan offline di Perwakilan Penghubung Jawa Timur lokasi Jalan Pasuruan no 16-20  Menteng Jakarta Pusat. Online sendiri, bisa diakses via laman https://s.id/mudikgratisjawatimur2022

"Bagi warga masyarakat yang mengikuti program Mudik Bareng dari Jakarta ke Jatim juga dipastikan gratis alias bebas biaya. Syarat utamanya adalah sudah disuntik vaksin booster serta berkas pendukung yang dibutuhkan KTP dan KK," kata Khofifah.

4. Program mudik gratis dapat ringkan beban pemudik dan bantu urai kemacetan

10 Bus Mudik Gratis Siap Meluncur Jakarta-JatimIlustrasi kemacetan Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Program Mudik Gratis ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat. Sekaligus mampu mengurangi beban jalan karena volume kendaraaan di jalan raya menjadi lebih longgar. "Sehingga mampu mengurai tingkat kemacetan,” harap mantan Menteri Sosial (Mensos) ini.

"Semoga program ini dapat dimanfaatkan masyarakat perantau di Jakarta untuk bisa mudik ke kampung halaman dan bertemu keluarga. Dan bagi yang belum vaksin booster bisa segera melengkapi dosis vaksinasinya," pungkas Khofifah.

Baca Juga: Mudik Gratis ke 15 Daerah Jatim Dibuka Besok, Syaratnya Vaksin Booster

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya