TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gus Ipul: PBNU Bakal Bentuk Pansus PKB, Kader PKB Bereaksi

Panas nih!

Pimpinan MPR di DPP PKB (IDN Times/Aryodamar)

Surabaya, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul baru-baru ini bilang akan membuat pansus untuk mengembalikan PKB ke Nahdlatul Ulama (NU). Setelah pihaknya menilai kalau PKB saat ini jauh dari NU.

Rencana yang disampaikan Gus Ipul itu mendapatkan reaksi keras dari Ketua Garda Bangsa Jawa Timur (Jatim) yang juga Anggota DPRD Jatim Fraksi PKB, Ubaidillah. Menurutnya, pernyataan Gus Ipul hanyalah suatu tudingan tak berdasar.

"Itu tudingan yang tanpa dasar (kalau PKB jauh dari NU)," tegasnya secara tertulis, Senin (29/7/2024).

Ubaidillah pun menantang Gus Ipul untuk bertanya ke warga nahdliyin dan para pengikut NU di bawah untuk bertanya langsung. Ia menegaskan bahwa selama ini yang memberikan manfaat kepada mereka salah satunya ialah PKB.

"Sekarang tanya aja siapa ke kader NU di bawah apakah itu benar atau tidak (PKB jauh dari NU), dan siapa yang selama ini memberikan manfaat untuk perjuangan NU di pedesaan dan lain-lain," katanya.

Lebih lanjut, Ubaidillah pun mengusulkan kepada Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya agar memecat Gus Ipul dari kursi Sekjen PBNU. Karena pernyataan yang dibuat memecah NU.

"Malah saya mengimbau Ketua PBNU Gus Yahya pecat aja Gus Ipul daripada jadi virus perpecahan dan perusak NU di masa depan," tegasnya.

Sebelumnya, PBNU sedang mengkaji pembuatan Pansus PKB. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyebut, pansus tersebut bertujuan mengembalikan PKB kepada PBNU.

"PBNU sedang berdiskusi. Jika  diperlukan, pembentukan tim lima akan segera dilakukan. Langkah ini setelah melihat pernyataan elit-elit PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB,” kata Gus Ipul dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: PBNU Mau Rebut PKB, Cak Imin: PKB Bukan Didirikan Buat NU Pribadi

Berita Terkini Lainnya