TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disnak Jatim Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Lakukan sejumlah upaya pengawasan hingga pengecekan

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (18/5/2024). (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Surabaya, IDN Times - Dinas Peternakan (Disnak) Jatim memastikan perayaan Idul Adha terutama penyembelihan hewan kurban berlangsung lancar. Kepastian itu didapat dari tim yang melibatkan dokter hewan dari universitas di Jatim maupun petugas Disnak Jatim.

1. Ada 153 petugas diterjunkan

Kepala Disnak Jatim, Indyah Aryani mengatakan, selama Idul Adha ini ada sebanyak 153 petugas pemeriksa hewan kurban yang diterjunkan oleh pihaknya. Mereka melakukan pemeriksaan antemortem dan post-mortem.

"Untuk menjamin keamanan dan kesehatan hewan kurban, dikerahkan sebanyak 153 petugas pemeriksa hewan kurban. Jadi hewan kurban ini menjalani pemeriksaan antemortem dan post mortem,” ujarnya, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga: Hewan Kurban di Jatim Meningkat, Pj Gubernur: Ekonomi Membaik

2. Memastikan hewan kurban di 30.229 lokasi pemotongan bebas penyakit

Lebih lanjut, Indy--sapaan karib Kepala Disnak Jatim- menyampaikan, pemeriksaan hewan kurban ini sudah dilakukan di kabupaten dan kota. Tercatat ada sebanyak 30.229 lokasi pemotongan hewan yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

"Kami sudah melakukan SOP dan pemeriksaan lalu lintas untuk mengantisipasi adanya hewan kurban yang terkena penyakit PMK maupun LSD," kata dia.

Berita Terkini Lainnya