TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petugas SPBU di Jember Diperiksa Polisi dalam Kasus Penimbunan BBM

Penimbun BBM setahun baru ketahuan

(ilustrasi Foto: Freepik)

Jember, IDN Times – Polisi terus mengembangkan kasus penimbunan BBM di Jember, Jawa Timur. Usai lima pelaku penimbunan BBM bersubsidi ditangkap di empat kecamatan berbeda, Satreskrim Polres Jember kembali memeriksa sejumlah petugas SPBU terkait. 

Baca Juga: Polisi Jember Tangkap Lima Penimbun BBM Bersubsidi

1. Modifikasi tangki hingga muat 100 liter lebih

Atrean BBM di SPBU. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Dari beragam modus yang digunakan para tersangka, polisi masih meninggalkan pertanyaan besar. Di mana, salah satu tersangka memakai sebuah mobil modifikasi untuk membeli BBM dengan skala besar. 

Salah satu tersangka berinisial MNS mengaku menggunakan sebuah mobil jenis SUV dengan memperbesar kapasitas tangki. Dalam satu kali pembelian di SPBU, MNS menimbun ratusan liter BBM sekaligus.

“Ada salah satu tersangka yang menggunakan modus mobil modifikasi. Volume tangki BBM diperbesar sehingga bisa menampung BBM 100 liter dari yang sebelumnya hanya 46 liter,” kata Nurhidayat kepada IDN Times, Sabtu, (29/7/2023).

2. Polisi heran mengapa petugas SPBU tetap melayani

ilustrasi rugi (Foto: Freepik)

Polisi kemudian merasa aneh, padahal sudah setahun lebih MNS melakukan praktek penimbunan BBM ini. Kecurigaan muncul, karena MNS bisa dengan mudah membeli BBM dengan jumlah ratusan liter.

Polisi merasa heran terhadap petugas SPBU yang melayani tersangka. Berulangkali dalam waktu yang lama, mengapa petugas SPBU tidak menaruh kecurigaan terhadap tersangka MNS. 

Atas kejanggalan ini, Nurhidayat mengatakan jika pihaknya akan memanggil petugas SPBU yang melayani tersangka untuk mengusut kasus ini lebih mendalam.

"Kita kan pasti bertanya-tanya kenapa mobil ini bisa dilayani saat isi BBM subsidi. Meskipun tampilannya seolah-olah tidak sedang terjadi apa-apa, tetapi sebenarnya secara takaran sudah bermasalah. Itu yang akan terus kita dalami nanti,” katanya.

Baca Juga: Kepincut Jadi PNS, Warga di Jember Ditipu Ratusan Juta

Verified Writer

Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya