Tolak UU KPK, Ratusan Massa Gelar Aksi di Depan DPRD Kota Malang

Massa juga menolak sejumlah RUU yang akan disahkan DPR

Malang, IDN Times - Ratusan massa dari beberapa organisasi mahasiswa dan masyarakat bergabung di kota Malang melakukan aksi unjuk di kawasan depan gedung DPRD dan Balai Kota Malang, Senin (23/9). Mereka berkumpul dan memenuhi area depan Balai Kota dan DPRD Kota Malang. Sejumlah tuntutan disampaikan kepada pemerintah. 

Baca Juga: KPK Bantah Ada Pertemuan Bahas Revisi UU dengan Menkumham

1. Tolak pengesahan UU KPK

Tolak UU KPK, Ratusan Massa Gelar Aksi di Depan DPRD Kota MalangIDN TImes/Alfi Ramadana

Dalam aksi tersebut ratusan mahasiswa meneriakkan tuntutan menolak keputusan pemerintah mengesahkan revisi UU KPK. Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB massa langsung mulai berorasi dengan menyampaikan tuntutan tersebut. Tak hanya UU KPK, massa juga menolak RUU KUHP, RUU pertanahan, hingga rencana kenaikan iuran BPJS. 

2. Massa kenakan pakaian berwarna hitam

Tolak UU KPK, Ratusan Massa Gelar Aksi di Depan DPRD Kota MalangIDN Times/ Alfi Ramadana

Pada kesempatan tersebut ratusan massa mengenakan pakaian berwarna hitam. Hal itu sebagai bentuk perlawanan atas ketidakadilan yang terjadi di negeri ini. Bahkan beberapa massa juga membawa payung berwana hitam sebagai bentuk protes. 

3. Makin siang makin banyak

Tolak UU KPK, Ratusan Massa Gelar Aksi di Depan DPRD Kota MalangIDN Times/ Alfi Ramadana

Awalnya massa yang melakukan aksi hanya terkonsentrasi di depan gedung DPRD Kota Malang. Namun semakin siang massa yang mengikuti aksi semakin bertambah banyak. Bahkan massa meluber hingga depan Balaikota Malang. Bahkan sebagian massa berada di kawasan Bundaran Tugu Malang. 

4. Massa terus bergantian berorasi

Tolak UU KPK, Ratusan Massa Gelar Aksi di Depan DPRD Kota MalangIDN Times/ Alfi Ramadana

Sejak awal massa terus meneriakkan yel-yel penolakan terhadap sejumlah keputusan pemerintah. Bahkan beberapa kali orator juga menyumpahi pemerintah atas apa yang sudah mereka lakukan. Namun, sejauh ini massa aksi masih kondusif meskipun semakin siang junlah massa yang tergabung dalam aksi semakin banyak. 

Baca Juga: Bawa Pocong, Mahasiswa dan Dosen Unair Tolak Revisi UU KPK

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya